Selasa, 27/07/2021 02:20 WIB

Meski di Lembaga Politik, ASN Setjen DPR Harus Profesional

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar berharap Korpri dapat mempercepat proses E-Government, sebagaimana komitmen Setjen DPR RI untuk mewujudkan Parlemen modern.

Sekjen DPR, Indra Iskandar Indra saat membuka musyawarah Korpri Setjen DPR RI

Jakarta, Jurnas.com - Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar berharap Korpri dapat mempercepat proses E-Government, sebagaimana komitmen Setjen DPR RI untuk mewujudkan Parlemen modern.

Diakui Indra, ASN di Sekretariat Jenderal DPR RI memiliki keunikan tersendiri yaitu aparatur pemerintah yang bekerja di lembaga politik. Sehingga tentu banyak penyesuaian-penyesuaian yang harus dilakukan untuk menjadi institusi yang profesional, tidak ke kiri dan tidak ke kanan.

"Agenda musyawarah Korpri kali ini adalah selain Pertanggungjawaban pengurus periode 2015–2020, pembahasan rencana kerja Korpri 2020-2025, serta pemilihan Ketua Korpri periode 2020-2025. Yang menjadi dasar Korpri adalah undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang ada pada Pasal 126, yang menyatakan bahwa pegawai ASN berhimpun dalam wadah profesi pegawai ASN Republik Indonesia,” papar Indra dalam saat membuka musyawarah Korpri Setjen DPR RI di ruang rapat Pansus B, Senayan Jakarta, Jumat (11/9).

"Indra menambahkan, tujuan dari Korpri adalah menjaga kode etik profesi, dan standar pelayanan profesi ASN, mewujudkan jiwa korps ASN sebagai pemersatu bangsa.

“Tidak berlebihan jika kemudian Prof. Zudan tadi berharap agar ASN dapat menjadi insitusi yang professional, tidak ke kiri dan tidak ke kanan,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu Indra juga mengungkapkan, tidak sedikit kegiatan di Setjen DPR RI ditunjang juga oleh Korpri. Baik itu penyelenggaraan kegiatan peringatan hari-hari besar Nasional maupun hari-hari besar keagamaan seperti kegiatan 17 Agustus-an dengan menggelar berbagai lomba, dan pemotongan hewan kurban dalam hari raya Idul Adha.

Bahkan Korpri juga menyelenggarakan acara keagamaan yang diselenggarakan secara rutin, misalnya pengajian yang dilaksanakan di masjid secara regular, pengajian ibu-ibu setiap hari Jumat, serta ibadah Jumat bagi umat Kristiani.

Samping kegiatan keagamaan, Korpri juga melakukan kegiatan sosial seperti memberikan sumbangan kepada anggota, maupun keluarga anggota Korpri yang meninggal dunia, atau terkena musibah juga pensiun.

Bahkan anggota Korpri yang sakit dan yang melahirkan anak pertama pun mendapat sumbangan atau bantuan dari Korpri. Tidak hanya itu, Korpri Sekjen DPR RI bekerja sama dengan Keluarga Sehat Parlemen turut aktif melakukan donor darah setiap tiga bulan sekali di Kompleks parlemen ini.

Sementara itu Pengurus Pusat Korpri, Zudan Arif Fakhrulloh secara virtual mengucapkan selamat kepada Korpri Setjen DPR RI dalam menggelar musyawarah sekaligus pemilihan ketua dan pengurus periode 2020-2025, di samping laporan pertanggung jawaban pengurus sebelumnya, 2015-2020.

Selain berharap agar ASN tetap professional dalam menjalankan tugasnya, ia juga berharap agar ASN tetap produktif di masa Pandemi Covid-19 dengan tentunya menjalankan berbagai protokol kesehatan.

Bahkan ia juga berharap agar ASN bisa menjadi agen perubahan, motor penggerak atau influencer dalam mencegah atau menekan angka penularan Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setiap habis menyentuh berbagai benda yang juga disentuh orang lain.

TAGS : Warta DPR Sekjen DPR ASN Parlemen




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :