Selasa, 23/04/2024 19:02 WIB

Pelesiran ke Mars, Tarifnya Rp2,5 Miliar

Penjelasannya tentang misi ke Mars mendapat perhatian besar karena SpaceX sudah berhasil mewujudkan beberapa pencapaian sebagai perusahaan ruang angkasa swasata

Meksiko - Bagi kalian yang ingin menjelajah Planet Mars, sudah harus bersiap-siap dengan kocek tebal. Pasalnya, pengusaha Elon Musk sudah berencana mengirimkan koloni manusia ke Mars untuk yang mampu membayar tiket sekisaran Rp2,5 miliar.

Hal itu dikemukakan pendiri perusahaan ruang angkasa SpaceX ini dalam Kongres Astronautika Interansional, IAC, di Meksiko, Selasa 27 September. Nantinya, armada kolonisasi terdiri dari seribu pesawat ruang angkasa bertenaga metan dan oksigen dari Bumi, Kemudian  akan melakukan pengisian bahan bakar ulang dengan propelan yang diproduksi oleh Planet Merah tersebut.

"Jika kita mendapatkan perjalanan ke Mars kira-kira sama dengan harga rata-rata rumah di Amerika Serikat, yaitu sektiar US$200.000, maka saya pikir kemungkinan untuk mengembangkan peradaban yang menopang dirinya sendiri amat tinggi," ujar Elon.

Miliuner ini menambahkan bahwa SpaceX sedang mengembangkan kembali sistem roketnya untuk membawa jutaan ton kargo antarplanet. dan rencana itu mendapat dukungan Badan Ruang Angkasa Amerika Serikat, NASA untuk  misi pertama SpaceX ke Mars, yang rencananya akan diluncurkan tahun 2018 mendatang.

Penjelasannya tentang misi ke Mars mendapat perhatian besar karena SpaceX sudah berhasil mewujudkan beberapa pencapaian sebagai perusahaan ruang angkasa swasata, antara lain meluncurkan roket secara tegak.

Menurut Musk, untuk mempertahankan biaya yang `hanya` sebesar US$200.000 per orang, maka seluruh sistem transportasinya harus bisa digunakan kembali. Dengan menggunakan metode tradisional, menurut Musk, biaya untuk perjalanan ke Mars mencapai US$10 miliar per orang.

Oleh karena itu dibutuhkan empat kriteria guna mewujudkan visinya dalam mengantarkan manusia ke Mars. Di antaranya, bisa digunakan kembali (pesawat ruang angkasa), Pengisian bahan bakar di orbit, produksi propelan di Mars, Memilih bahan bakar yang tepat

KEYWORD :

Pelesiran Mars Elon Musk. Mars




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :