Sabtu, 20/04/2024 18:06 WIB

Kadis Ketahanan Pangan dan Bapeltan Jambi Perkuat Ketahanan Pangan

Ketahanan pangan akan bisa terealisasi, jika semua pihak mengambil peran.

PanganBalai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi dengan melaksanakan Web Seminar (Webinar) Peran Kostratani dalam Memperkuat Ketahanan Pangan dan Masyarakat Melalui Pengembangan Pangan Lokal

Jambi, Jurnas.com – Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi dengan melaksanakan Web Seminar (Webinar) "Peran Kostratani dalam Memperkuat Ketahanan Pangan dan Masyarakat Melalui Pengembangan Pangan Lokal" yang disiarkan langsung dari Merangin, Rabu (26/8).

Kegiatan yang dibuka langusng oleh Kepala Bapeltan Jambi, Zahron Helmy, menghadirka pembica yaitu Wakil Bupati Merangin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Provinsi Jambi, Widyaiswara Bapeltan Jambi, dan petani sukses pelaku usaha pertanian.

Kepala Dishanpan Provinsi Jambi, Amir Hasbi, menyampaikan materi mengenai "Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal di Provinsi Jambi Melalui Gerakan Pengawalan dan Pendampingan Kostratani" mengajak seluruh masyarakat melakukan upaya dalam proses diversifikasi pangan.

"Ada upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk memperkuat ketahanan pangan. Seperti memperbaiki konsumsi protein hewani, menggiatkan konsumsi buah dan sayuran, dan mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan menjadi hal yang harus sama-sama kita lakukan," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Merangin, H Mashuri berharap potensi diversifikasi pangan lokal bisa diangkat.

"Kita harus terus melakukan upaya pengembangan pertumbuhan industri makanan berbasis Sumber Daya Alam (SDA) lokal di luar beras seperti mengolah umbi-umbian menjadi tepung sebagai subtitusi beras dan terigu," katanya.

Di beberapa kesempatan, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan, ketahanan pangan akan bisa terealisasi, jika semua pihak mengambil peran.

"Menjaga dan memperkuat ketahanan pangan adalah tugas bersama. Caranya dengan mengkonsumsi makanan lokal. Selain itu kita juga harus memanfaatkan seluruh lahan yang tersedia. Baik lahan pekarangan maupun lainnya. Manfaatkan semua lahan untuk tanam," katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi juga menyampaikan, jika Kostratani hadir untuk menjaga ketahanan pangan.

"Sebab, Kostratani adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran BPP dengan memanfaatkan IT dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional," tuturnya.

KEYWORD :

Pemerintah Jambil Konstratani Dedi Nursyamsi Bapeltan Jambi Ketahanan Pangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :