Sabtu, 20/04/2024 23:11 WIB

Puan Maharani Minta Tiga Pilar Partai Kerja Keras di Pilkada

Para calon kepala daerah harus mampu menemukan solusi dari permasalahan rakyat

Puan Maharani, memberi materi dalam sekolah partai secara virtual yang diikuti para calon kepala daerah

Jakarta, Jurnas.com - Pilkada Serentak di 270 daerah pada 9 Desember 2020 menjadi agenda strategis untuk dimenangkan.

"Bagi PDI Perjuangan, Pilkada Serentak 2020 adalah suatu agenda politik partai yang sangat strategis," kata Ketua Bidang Politik DPP PDI Perjuangan Puan Maharani saat menyampaikan materi `Tri Fungsi Dewan` dalam Sekolah Partai bagi Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah gelombang pertama secara virtual, Minggu (23/8).

Puan yang merupakan Ketua DPR RI meminta agar tiga pilar partai, yaitu eksekutif, legislatif, dan struktural partai bergotong royong memenangkan setiap calon yang diusung PDIP di pilkada.

"Tanpa dukungan dan gotong royong, tiga pilar partai tersebut, kami meyakini bahwa tidak akan mudah untuk bisa memenangkan atau memperjuangkan hal-hal yang akan bisa kita lakukan di daerah kita masing-masing," ujarnya.

Puan menilai akan banyak perubahan yang mendasar dari pelaksanaan Pilkada di tengah Pandemi Covid-19. Seperti dalam hal kampanye. Calon kepala daerah harus mencermati status zona hijau, merah, dan hitam.

Meski demikian, Puan meminta kadar PDIP tetap turun ke tengah-tengah masyarakat sehingga rakyat kenal dan mengetahui calon pemimpinnya.

"Rakyat harus tahu siapa saudara, siapa ibu, dan bagaimana mereka bisa mempercayakan bapak-ibu sekalian untuk memilih, untuk menjadi pemimpin di daerah masing-masing," kata Puan.

Ia juga berharap para calon kepala daerah mampu menemukan solusi dari permasalahan rakyat, temasuk melindungi rakyat dari dampak Covid-19 dan hal utama membumikan Pancasila.

Juga menarik hati rakyat dalam memperjuangkan semua permasalahan yang dirasakannya. Oleh karena itu, Puan menegaskan ada tugas berat untuk calon kepala daerah mendapatkan rekomendasi PDI Perjuangan.

"Ada tujuan perjuangan yang dicapai dengan rekomendasi itu. Yaitu bagaimana kita mewujudkan masyarakat adil dan makmur dalam bingkai NKRI dan Bineka Tunggal Ika sesuai dengan amanah dan cita-cita dari founding father Bung Karno. Dan tentu saja bagaimana kita nantinya mewujudkan Indonesia sejahtera, berkeadilan yang berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan tentu saja berkepribadian dalam kebudayaan," jelasnya.

Dalam Sekolah Partai ini, Puan menjelaskan bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sangat menginginkan kegiatan ini tetap berlangsung meski ada pandemi Covid-19.

Sebab, Sekolah Partai merupakan salah satu alat bagi calon pemimpin memiliki visi-misi, semangat, dan disiplin yang sama terhadap PDI Perjuangan.

"Semua harus tegak lurus dan ikut aturan serta ikut instruksi Ketua Umum dan instruksi partai. Kita akan kuat karena bersatu dan bersatu karena kita kuat," tegasnya.

Dalam Sekolah Partai ini, Puan dimoderatori oleh politikus PDI Perjuangan Daryatmo dan Ketua DPP Komarudin Watubun. Sejumlah calon kepala daerah, seperti Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Calon Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Calon Wali Kota Semarang Hendar Prihadi turut menyimak dengan serius Sekolah Partai yang digelar secara daring ini.

KEYWORD :

Puan Maharani Pilkada Serentak Tiga Pilar Partai




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :