Sabtu, 20/04/2024 14:08 WIB

Taiwan Terancam Senasib dengan Hong Kong

China sedang mencoba mengubah Taiwan menjadi Hong Kong lain, saat dia bertemu dengan seorang pejabat senior AS yang melakukan perjalanan diplomatik bersejarah

Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar (kiri) berbicara saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu (kanan) di sebuah hotel lokal di Taipei pada 11 Agustus 2020. (AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri luar negeri Taiwan mengatakan China sedang mencoba mengubah Taiwan menjadi Hong Kong lain, saat dia bertemu dengan seorang pejabat senior AS yang melakukan perjalanan diplomatik bersejarah ke negara pulau tersebut.

Dilansir Trt, Selasa (11/08), China memberlakukan undang-undang keamanan menyeluruh di Hong Kong pada bulan Juni, setelah itu beberapa politisi oposisi didiskualifikasi dan aktivis ditangkap.

Hal itu telah menimbulkan kekhawatiran di Taiwan, sebuah pulau dengan 23 juta penduduk berpemerintahan sendiri yang dilihat Beijing sebagai wilayahnya sendiri dan berjanji untuk merebutnya suatu hari nanti, dengan kekerasan jika perlu.

Menteri Luar Negeri Joseph Wu mengatakan Taiwan hidup di bawah ancaman konstan kebebasannya diambil oleh China, selama pertemuan langka dengan pejabat kabinet AS Alex Azar di Taipei pada hari Selasa.

"Hidup kami menjadi semakin sulit karena China terus menekan Taiwan agar menerima kondisi politiknya, kondisi yang akan mengubah Taiwan menjadi Hong Kong berikutnya," katanya.

"Orang-orang Taiwan sangat akrab dengan menghadapi ancaman, baik itu militer, diplomatik atau ancaman epidemi."

Menteri Kesehatan Azar berada di Taipei untuk kunjungan tiga hari yang dianggap sebagai kunjungan tingkat tertinggi dari Amerika Serikat sejak mengalihkan pengakuan diplomatik dari pulau itu ke China pada 1979.

Beijing meningkatkan tekanan diplomatik, militer, dan ekonomi terhadap Taiwan sejak pemilihan Presiden Tsai Ing-wen 2016, yang memenangkan masa jabatan kedua awal tahun ini dengan telak.

Dia menolak sikap Beijing bahwa Taiwan adalah bagian dari satu China dan malah memandang pulau itu sebagai "sudah merdeka.

KEYWORD :

Pemerintah China Hong Kong Wilayah Taiwan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :