Rabu, 24/04/2024 08:14 WIB

Takut Covid-19, Yordania Gagal Buka Pelayanan Penerbangan Internasional

Yordania menunda dimulainya kembali layanan penerbangan internasional yang direncanakan untuk hari Rabu

Bendera Yordania berkibar (Foto: Raad Adayleh/AP)

Jakarta, Jurnas.com - Yordania menunda dimulainya kembali layanan penerbangan internasional yang direncanakan dibuka pada Rabu hampir lima bulan setelah ditangguhkan karena wabah covid-19.

Dilansir Middleeast, Rabu (05/08), Ketua Komisi Penerbangan Sipil Haitham Misto telah mengumumkan bulan lalu bahwa Bandara Internasional Queen Alia di luar ibukota Amman akan dibuka kembali pada 5 Agustus untuk sekitar 22 tujuan dalam daftar negara-negara yang disebut zona hijau.

Namun para pejabat khawatir bahwa sejumlah besar orang yang datang melalui udara dapat membalikkan keberhasilan Yordania dalam menghentikan penyebaran Covid-19, dimana beberapa kasus harian yang tercatat selama enam minggu terakhir sebagian besar disebabkan oleh orang-orang yang datang dari luar negeri.

Kekhawatiran telah meningkat dalam beberapa hari terakhir oleh lonjakan infeksi COVID-19 di negara tetangga Irak, Suriah, dan Lebanon, semua tujuan perjalanan utama dari Yordania.

Negara ini telah mencatat 1.218 kasus dengan 11 kematian - jumlah yang diketahui jauh lebih kecil daripada di banyak negara Timur Tengah lainnya.

Juru bicara pemerintah Amjad Adailah mengatakan kepada media pemerintah bahwa bandara akan terus beroperasi untuk penerbangan repatriasi yang diatur untuk warganya di Teluk dan Eropa dan juga untuk warga asing di Yordania yang ingin pergi.

Hanya sedikit dari puluhan ribu pekerja Yordania yang kehilangan pekerjaan di ekonomi yang dilanda virus korona di negara-negara Teluk yang kaya minyak telah pulang ke rumah dengan penerbangan repatriasi karena ongkos mahal.

Penutupan Bandara Internasional Queen Alia, pusat regional utama yang biasanya memproses sekitar sembilan juta penumpang setiap tahunnya, telah memperburuk kerusakan ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemi ekonomi Jordan yang bergantung pada bantuan.

Pariwisata adalah sumber utama mata uang asing dan telah menikmati ledakan yang belum pernah terjadi sebelumnya sebelum pandemi.

KEYWORD :

Pemerintah Yordania Penerbangan Internasional Pandemi Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :