Jum'at, 19/04/2024 01:39 WIB

Pelosi: Trump Berusaha Tekan Pemilih

Trump mengatakan, pemungutan suara secara universal akan menjadikan pemilihan November sebagai pemilihan paling tidak akurat dan curang dalam sejarah dan sangat memalukan bagi AS.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Nancy Pelosi mengatakan, serangan Presiden Donald Trump pada pemungutan suara melalui surat selama krisis virus corona dan sarannya menunda pemilihan presiden adalah bagian dari upaya menekan jumlah pemilih. 

"Alasan dia (Trump) melakukannya adalah karena semakin banyak orang mendengar sesuatu seperti itu, semakin mereka tidak ingin memilih," kata Pelosi saat wawancara dengan CNN pada Jumat (31/7). "Ini cara untuk menekan suara."

Pernyataan Pelosi muncul sehari setelah Trump menyarankan agar pemilihan presiden AS pada November ditunda. Ia menegaskan klaimnya bahwa pemungutan suara melalui surat akan memungkinkan penipuan pemilih skala besar.

Pada Kamis (30/7), Trump mengatakan di media sosial Twitternya, pememilihan presiden pada November harus ditunda hingga warga dapat secara tepat, aman dan terlindungi dalam memilih.

Trump mengatakan, pemungutan suara secara universal akan menjadikan pemilihan November sebagai pemilihan paling tidak akurat dan curang dalam sejarah dan sangat memalukan bagi AS.

Pelosi mencatat bahwa cuitan Trump tentang penundaan pemilihan dilakukan pada hari yang sama emakaman pemimpin hak-hak sipil dan anggota Kongres, yang meninggal karena kanker awal bulan ini pada usia 80 tahun.

"Pada saat yang sama ketika kita mengubur pahlawan hak suara, demokrasi kita, dia keluar dan mengatakan sesuatu di bawah martabat Gedung Putih. Tapi dia melakukan itu hampir setiap hari, di bawah martabat kepresidenan," tambah Pelosi.

Mantan Presiden Barack Obama menyampaikan pidato di pemakaman Lewis  mengatakan bahwa ada orang-orang yang berkuasa yang melakukan upaya terkutuk mereka untuk mencegah orang memilih.

Obama mengatakan orang-orang yang berkuasa menyerang hak suara kami dengan ketepatan operasi dan menyerukan reformasi hak suara yang luas.

Mantan Presiden Bill Clinton dan George W. Bush juga berbicara di pemakaman Lewis. Namun, Trump, yang bentrok dengan Lewis pada 2017, tidak menghadiri pemakaman Lewis atau membayar upeti kepada almarhum anggota kongres. Dia mengusap Obama.

"Saya melakukan lebih banyak untuk minoritas daripada yang dia lakukan dan jika Anda melihat angka-angka kami sebelum drama datang dan angka-angka itu akan segera kembali, Anda akan melihat saya melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik daripada Obama, sejauh ini, untuk Afrika-Amerika , untuk orang Asia-Amerika, untuk wanita, untuk kelompok apa pun yang Anda lihat, jauh lebih baik daripada Obama," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, Jumat (31/7).

Pelosi kemudian mempertanyakan apakah Trump memiliki satu ons kesopanan. "Tiga presiden memuji John Lewis," kata Pelosi. "Anda akan berpikir bahwa akan ada satu ons, dalam kerangka besar, kesopanan untuk mengatakan sesuatu tentang pentingnya memilih dalam demokrasi kita, daripada mengkritik pidato orang lain," sambungnya.

Pada Mei, Pelosi menggambarkan Trump sebagai sangat gemuk. (Press TV)

KEYWORD :

Nancy Pelosi Amerika Serikat Donald Trump Barack Obama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :