Minggu, 23/01/2022 07:39 WIB

Dokter Berhati Malaikat Asal Mesir Tutup Usia

Mesir berduka atas kematian seorang dokter yang dijuluki

Dokter berhati malaikat asal Mesir, Dr Mohamed Mashali

Jakarta, Jurnas.com - Mesir berduka atas kematian seorang dokter yang dijuluki "dokter orang miskin" yang meninggal pada usia 76 tahun, Rabu (29/07) waktu setempat.

Dilansir Middleeast, Kamis (30/07), Dr Mohamed Mashali terkenal selama karirnya karena memberikan perawatan kesehatan kepada penduduk desa miskin di dekat tempat tinggalnya di Tanta.

Ia berspesialisasi dalam penyakit endemik, bilharzia, dan penyakit cacing, yang terutama menyerang orang miskin.

Menurut laporan, ia hanya meminta kepada pasiennya 10 pound Mesir untuk pemeriksaan, berbeda dengan dokter lain yang mengenakan biaya 40 pound.

Kadang-kadang dia akan menggratiskan biaya dan membelikan obat untuk pasien-pasien yang tak memiliki uang untuk melakukan pengobatan.

Ketika ditanya dalam sebuah wawancara mengapa ia hanya membayar 10 pound ($ 0,62), ia menjawab: “Karena orang miskin dan saya tumbuh dari kalangan miskin. Sebelum ayah saya meninggal, dia memberi tahu saya bahwa saya harus merawat orang miskin. ”

“Saya puas dengan hal-hal yang sangat kecil. Sandwich atau falafel sudah cukup," tambahnya.

Di balik aksi mulianya, Mashali terinspirasi dari seorang anak lelaki yang memohon ibunya untuk suntikan insulin untuk diabetesnya, tetapi dia (ibunya) mengatakan tidak, karena jika dia membelinya, dia tidak akan bisa membeli makanan untuk saudara-saudaranya. dan saudara perempuan.

Dia hanya punya uang untuk roti dan falafel.

Bocah itu membakar dirinya sendiri, memberi tahu ibunya bahwa itu agar dia tidak lagi membebani keluarga dan agar saudara-saudaranya bisa makan. Mashali dipanggil, tetapi ia tidak dapat menyelamatkannya dan bocah itu meninggal dalam pelukannya.

"Saya bersumpah sejak hari itu saya akan mendedikasikan diri untuk melayani orang miskin," katanya dalam sebuah wawancara dengan Deutsche Welle.

Dia menambahkan kemudian: "Kedokteran adalah profesi kemanusiaan dan bukan profesi komersial."

“Salah satu dokter yang mengajar saya di universitas pernah mengatakan kepada saya, `jika Anda pergi ke kedokteran untuk membangun apartemen atau membeli mobil mewah, jangan belajar kedokteran. Mereka harus pergi ke pasar saham atau perdagangan internasional."

TAGS : Dokter Mesir Mohamed Mashali




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :