Jum'at, 26/04/2024 21:35 WIB

Balas Turki, Suriah Ingin Bangun Hagia Sophia Baru

Rezim Suriah di bawah Presiden Bashar Al-Assad mengumumkan bahwa mereka akan membangun replika miniatur Hagia Sophia

museum Hagia Shopia

Jakarta, Jurnas.com - Rezim Suriah di bawah Presiden Bashar Al-Assad mengumumkan bahwa mereka akan membangun replika miniatur Hagia Sophia, sebagai respon terhadap keputusan pemerintah Turki mengubah museum menjadi sebuah masjid.

Pembangunan mini Hagia Sophia ini, yang berlangsung di provinsi pusat Hama, akan dibantu oleh sekutu terkemuka Suriah, Rusia dan dilaporkan akan menunjukkan pentingnya "dialog damai" antara agama-agama besar.

Dilansir Middleeast, Rabu (28/07) ide untuk pembangunan tersebut diprakarsai oleh seorang pria bernama Nabeul Al-Abdullah, kepala milisi loyalis pro-rezim di provinsi tersebut.

Setelah mendapatkan persetujuan dari uskup metropolitan gereja Ortodoks Yunani di Hama, Nicolos Baalbaki, rencana itu kemudian disampaikan kepada militer Rusia di Suriah.

Replika itu akan dibangun secara khusus di kota Al-Suqaylabiyah yang mayoritas berpenduduk Orthodoks Yunani, di atas sebidang tanah yang disumbangkan oleh pemimpin milisi Al-Abdullah; sebuah tim Rusia di dalam pangkalan militer Hmeimim di Latakia dilaporkan telah mengerjakan rencana untuk pembangunan.

Menurut surat kabar berbahasa Arab Rai Al-Youm, anggota parlemen Rusia Vitaly Milonov menyatakan bahwa Suriah adalah lokasi yang ideal untuk mini replika Hagia Sophia karena tidak seperti Turki. Ia mengklaim Suriah adalah negara yang jelas-jelas menunjukkan kemungkinan dialog antaragama yang damai dan positif.

Hagia Sophia yang asli, yang berbasis di kota Istanbul, dikembalikan ke status masjid setelah pemerintah Turki membatalkan keputusan tahun 1934 yang membuatnya menjadi museum.

Bangunan bersejarah, yang awalnya dibangun sebagai katedral oleh Kekaisaran Bizantium sebelum dijadikan masjid setelah penaklukan Ottoman, telah lama diperdebatkan dan banyak dari mereka yang menentang keputusan Turki berpendapat bahwa itu seharusnya disimpan sebagai museum atau kembali menjadi gereja.

Menyusul salat Jumat pertama yang diadakan di gedung itu setelah 86 tahun pekan lalu, negara-negara seperti Yunani mengutuk langkah itu dan tokoh agama di Rusia dan Paus Katolik di Roma menyatakan kekecewaan mereka.

Tujuan Suriah untuk membangun replika bangunan bersejarah itu dipandang sebagai isyarat balas dendam terhadap Turki, yang ditentangnya dalam perang sipil Suriah yang sedang berlangsung.

Ini juga merupakan isyarat simbolis oleh rezim Assad terhadap komunitas Kristen Suriah, yang dianggap sebagai pelindung, meskipun telah menargetkan gereja - gereja dan menganiaya orang-orang Kristen Suriah selama perang saudara.

Dukungan dan bantuan Moskow terhadap proyek tersebut, menurut aktivis oposisi yang berbicara dengan Al-Modon, adalah metode untuk membenarkan kehadiran militernya di Suriah dan dukungannya terhadap Al-Assad berdasarkan pada hubungan Rusia dengan komunitas Kristen Suriah.

Para aktivis juga mengatakan bahwa pemimpin milisi Al-Abdullah, yang menyumbangkan tanah untuk pembangunan, bertujuan untuk memperkuat hubungannya dengan Rusia jika rezim Assad jatuh.

KEYWORD :

Hagia Sophia Pemerintah Suriah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :