Sabtu, 19/06/2021 00:01 WIB

Kemnaker Latih Cara Bercocok Tanam 120 Orang di Bandung Barat

Mereka yang telah dilatih ini pasti diserap oleh Pemkab Bandung Barat untuk dipekerjakan lahan pertanian seluas 15 hektar

Menaker Ida Fauziyah (Pripos)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar melatih 120 orang yang siap menjadi petani di Kabupaten Bangung Barat, Provinsi Jawa Barat

Pelatihan itu dilakukan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang, Bandung Barat.

“Pelatihan dilakukan untuk 60 hari sampai 100 hari. Setelah itu mereka siap bercocok tanam di lahan yang telah disiapkan pemerintah Kabupaten Bandung Barat,” kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, Minggu (19/7/2020).

Menurut Ida, sebanyak 120 orang dilatih menjadi petani itu merupakan orang-orang yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dari perusahaan mereka bekerja selama ini.

Dikatakan, mereka yang telah dilatih ini pasti diserap oleh Pemkab Bandung Barat untuk dipekerjakan lahan pertanian seluas 15 hektar.

Kemnaker hanya melaksanakan pelatihan, tetapi yang menyediakan lahan dan mempekerjakan mereka adalah Pemkab Bandung Barat,” kata dia.

Ida mengatakan, yang diharapkan adalah bukan hanya 120 orang menjadi ahli dalam pertanian tetapi apa yang bisa dihasilkan oleh 120 ini nanti serta mereka dapat menularkan keahlian kepada masyarakat lainnya di Bandung Barat.

Menurut Ida, program ini merupakan pelaksanakan program pemerintah mempekerjakan para pekerja yang mengalami PHK akibat pandemi Covid-19 ini. “Sampai saat ini sebanyak 3 juta pekerja mengalami PHK akibat pandemi Covid-19,” kata dia.

TAGS : Kemnaker Bandung Barat Ida Fauziyah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :