Jum'at, 26/04/2024 20:08 WIB

Ditangkap KPK, Apakah Irman Gusman Siap Dihukum Mati?

KPK melakukan operasi tangkap tangan Anggota DPD RI berinisial IG. Berdasarkan informasi yang beredar inisial IG mengarah kepada Ketua DPD RI Irman Gusman. Jika benar, apakah Irman menepati janjinya untuk dihukum mati?

Ketua DPD RI Irman Gusman

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) Anggota DPD RI berinisial IG. Berdasarkan informasi yang beredar inisial IG mengarah kepada Ketua DPD RI Irman Gusman. Jika benar, apakah Irman menepati janjinya untuk bersedia dihukum mati?

Pertanyaan tersebut mengacu atas pernyataan Ketua DPD RI asal Sumatera Selatan itu yang pernah sesumbar mendukung agar para koruptor dijatuhkan hukuman seberat-beratnya. Bahkan hukuman mati.

Menurut Irman, hukuman berat hingga hukuman mati tersebut bertujuan untuk memberikan efek jera terhadap para pejabat negara yang hendak melakukan tindak kejahatan korupsi.

"Proses hukumnya berikan hukuman seberat-beratnya," kata Irman, saat itu usai menghadiri Festival Antikorupsi 2015 di Sasana Budaya Ganesha, Kota Bandung, Kamis (10/12/2015).

Kala itu, Irman mendukung hukuman berat berupa hukuman mati bagi koruptor seperti yang dilakukan di China atau potong tangan di Arab Saudi. "Kalau memang (hukuman mati) itu diperlukan, kenapa tidak? Silahkan saja," tegas Irman.

Sebab, kata Irman, memberantas korupsi dan memberikan efek jera bagi koruptor, satu-satunya hanya hukuman berat. Untuk itu, penegakkan hukum harus dijalankan dengan tegas.

"Sebenarnya apa yang sudah diatur itu dilaksanakan saja dengan tegas. Yang paling penting itu," tandasnya.

Diketahui, berdasarkan informasi yang beredar di kalangan wartawan, KPK menangkap tangan Irman Gusman terkait dugaan korupsi dalam pengurusan kuota impor gula.

Anggota DPD RI asal Sulawesi Barat, Muhammad Asri Anas meyakini, orang yang ditangkap tangan KPK pada Sabtu (17/9/2016) dini hari adalah Ketua DPD Irman Gusman.

"Walaupun belum dapat dari KPK, dari penelusuran kami, kayaknya Pak Irman Gusman (yang ditangkap)," kata Asri.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada kepastian dari pihak KPK, siapa saja yang diciduk dini hari tadi. Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, pihaknya akan memberikan keterangan pers usai dilakukan pemeriksaan.

"Detail penangkapan akan disampaikan nanti dalam konferensi pers sore nanti di gedung KPK,” kata Agus.

KEYWORD :

KPK Tangkap Tangan Anggota DPD RI Ketua DPD RI Irman Gusman Korupsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :