Rabu, 24/04/2024 13:30 WIB

Memanas, Israel Balas Serang Markas Hamas di Gaza

Pesawat tempur Israel melancarkan serangan balasan ke sejumlah markas kelompok militan Palestina Hamas di Jalur Gaza pada Minggu (5/7) malam

Foto menunjukkan akibat serangan pesawat tempur Israel di daerah perumahan di Jalur Gaza. (Foto: Presstv)

Tel Aviv, Jurnas.com - Pesawat tempur Israel melancarkan serangan balasan ke sejumlah markas kelompok militan Palestina Hamas di Jalur Gaza pada Minggu (5/7) malam.

Laporan ini diungkapkan oleh salah satu sumber keamanan Palestina kepada AFP pada Senin (6/7), setelah Israel melaporkan tiga roket ditembakkan ke wilayahnya. Tidak ada laporan langsung tentang korban dari kedua belah pihak.

Militer Israel mengatakan bahwa pesawatnya menyerang "infrastruktur bawah tanah milik organisasi teror Hamas" dalam rangka menanggapi tembakan roket sebelumnya.

"Sebelumnya malam ini, tiga roket ditembakkan dari Jalur Gaza ke Israel. Sebagai tanggapan, helikopter serang dan jet tempur menargetkan markas Hamas," kata militer Israel dilansir dari Al-Arabiya.

Pernyataan militer sebelumnya tidak memberikan indikasi di mana dua roket pertama jatuh, tetapi media Israel mengatakan serangan roket tersebut mencapai wilayah terbuka.

Tentara mengatakan bahwa sistem pertahanan rudal Iron Dome mencegat roket ketiga. Tidak ada klaim pertanggungjawaban segera atas peluncuran roket dari jalur Hamas.

Hamas memperingatkan Israel pada akhir Juni bahwa rencana aneksasi bagian-bagian Tepi Barat yang diduduki sama dengan "deklarasi perang."

Dua roket ditembakkan keesokan harinya di Israel dari Gaza, memicu serangan udara Israel terhadap instalasi Hamas di daerah kantong Palestina.

Pada 1 Juli, Hamas melepaskan satu tembakan roket ke laut sebagai peringatan kepada Israel untuk tidak melanjutkan pencaplokan, kata sumber-sumber di Hamas kepada AFP.

KEYWORD :

Israel Palestina Kelompok Hamas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :