Kamis, 22/04/2021 22:13 WIB

Kampanye Bareng Obama, Joe Biden Kumpulkan Rp152 Miliar

Penggalangan dana virtual mengumpulkan US$7,6 juta dari 175.000 kontributor di akar rumput. Obama dan Biden juga menjadi tuan rumah bagi donatur khusus yang berlangsung tertutup, dan mendatangkan lebih dari US$3,4 juta.

Barack Obama

Washington, Jurnas.com - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama membuat penampilan kampanye perdananya bersama Joe Biden, pada Selasa (Rabu waktu setempat), sejak menyatakan dukungan untuk calon presiden Partai Demokrat tersebut pada April lalu.

Dikutip dari Reuters pada Rabu (24/6), kampanye virtual bersama Obama membuat Biden berhasil mengumpulkan lebih dari US$11 juta atau Rp152 miliar.

"Saya menghargai Anda semua yang menerima panggilan ini," kata Obama di penggalangan dana virtual. "Tapi kawan, ini urusan serius. Apa pun yang telah kau lakukan sejauh ini tidak cukup," lanjut dia.

Penggalangan dana virtual mengumpulkan US$7,6 juta dari 175.000 kontributor di akar rumput. Obama dan Biden juga menjadi tuan rumah bagi donatur khusus yang berlangsung tertutup, dan mendatangkan lebih dari US$3,4 juta.

Hasil donasi itu merupakan yang terbanyak dari seluruh acara kampanye Biden, pasca Partai Demokrat dan kampanye Biden mengungguli calon petahana Donald Trump pada Mei untuk pertama kalinya.

Penggalangan dana itu juga menunjukkan kekuatan dukungan Obama, yang saat ini tetap populer di kalangan pemilih Demokrat, dan yang akan dianggap sebagai tokoh kampanye utama musim gugur ini.

Di awal kampanye 2020, angka penggalangan dana Biden yang lemah dibandingkan dengan beberapa pesaing Demokratnya menjadi sumber keprihatinan. Tetapi penggalangan dana dari donor telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir saat kepemimpinannya dalam jajak pendapat nasional tumbuh, dan negara bereaksi terhadap insiden kebrutalan polisi.

Trump, yang telah berkampanye untuk masa jabatan kedua sejak 2017, masih memiliki lebih banyak uang di depan menjelang pemilihan presiden 3 November.

Kampanyenya mencatat dalam sebuah pernyataan bahwa Trump telah mengumpulkan lebih dari US$10 juta akhir pekan lalu, ketika presiden muncul di Oklahoma untuk rapat umum kampanye pertamanya sejak wabah meletus.

"Tidak ada antusiasme untuk Joe Biden," kata Tim Murtaugh, juru bicara kampanye Trump.

TAGS : Joe Biden Barack Obama Pilpres AS Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :