Selasa, 26/10/2021 02:13 WIB

Trump Bakal Tarik Pasukan AS dari Jerman

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menegaskan kembali rencananya untuk menarik militer Amerika di Jerman

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Washington, DC, 1 Agustus 2019. (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menegaskan kembali rencananya untuk menarik militer Amerika di Jerman dengan mengatakan bahwa Berlin memiliki hutang yang harus dibayarkan kepada Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO).

Dalam sebuah wawancara dengan WSJ, dilansir Tass, Presiden AS Trump mengatakan bahwa Amerika Serikat ditetapkan untuk mengurangi jumlah personil militernya yang ditempatkan di Jerman karena Berlin berutang sangat besar kepada NATO.

Presiden AS Trump menyatakan awal bulan ini bahwa ia bermaksud mengurangi jumlah pasukan Amerika di Jerman menjadi 25.000 dibandingkan dengan jumlah keseluruhan 52.000 tentara Amerika yang saat ini ditempatkan di Jerman.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengumumkan pada 11 Juni bahwa perampingan kontingen militer AS di wilayah Jerman akan membantu meredakan ketegangan militer dan politik di wilayah tersebut.

Zakharova mengatakan pekan lalu bahwa "Langkah-langkah seperti itu pasti akan berkontribusi mengurangi potensi konfrontasi dan ketegangan militer-politik di kawasan Euro-Atlantik."

Reuters melaporkan pada awal Juni mengutip seorang pejabat AS bahwa Presiden Trump telah memerintahkan Pentagon untuk memotong personil militer Amerika di Jerman, karena Berlin gagal memenuhi target pengeluaran pertahanan NATO.

 

TAGS : Pasukan AS Donald Trump Wilayah Jerman




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :