Sabtu, 27/04/2024 02:07 WIB

Pimpinan DPR: Teknologi Berperan Penting untuk Kemandirian Bangsa

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan Rachmat Gobel mengungkapkan pentingnya peran teknologi untuk kemandirian bangsa Indonesia.

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan Rachmat Gobel saat berdiskusi dengan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro di Kantor Kemenristek

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan Rachmat Gobel mengungkapkan pentingnya peran teknologi untuk kemandirian bangsa Indonesia.

Menurutnya teknologi juga berpotensi memberikan dukungan besar bagi kesejahteraan masyarakat, kemajuan bangsa, keamanan dan ketahanan bagi perlindungan negara, pelestarian fungsi lingkungan hidup, pelestarian nilai luhur budaya bangsa, serta peningkatan kehidupan kemanusiaan.

Hal ini disampaikannya saat berdiskusi dengan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro di Kantor Kemenristek, Jakarta, baru-baru ini.

“Berada di ruangan Pak Menteri, saya jadi teringat Alm. BJ. Habibie sebagai bapak teknologi Indonesia. Beliau pernah berpesan bahwa jika Indonesia ingin menjadi bangsa yang modern harus menguasai teknologi dan sumber daya manusianya,” ucapnya.

Di samping itu, Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini mengatakan, saat ini industri membutuhkan banyak sekali perbaikan kemampuan teknologi dan inovasi. Namun, setiap kali dilakukan perbaikan selalu dihadapkan dengan masalah besar, yaitu kurangnya menuntut diri melakukan perbaikan dalam proses atau produksi.

“Membangun industri adalah membangun sebuah sistem dan pola pikir yang selalu terarah pada upaya meningkatkan nilai tambah produk. Dalam sudut pandang inilah, daya saing industri nasional hendaknya dikembangkan ke berbagai sektor,” terang Rachmat Gobel.

Ia melihat potensi pembangunan industri berbasis budaya masih sangat terbuka dan harus dikuasai.

“Kita memiliki rempah-rempah yang bisa diolah menjadi jamu, kain, makanan, minuman dan kerajinan tangan. Industri berbasis budaya bisa digerakkan di desa-desa karena ada budaya dan adat istiadat sebagai ceritanya dan kita memiliki sumber daya alam melimpah yang bisa dijadikan bahan baku utama,” tuturnya.

Begitu pula industri bidang kesehatan yang saat ini perlu mendapat perhatian di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, penguatan industri bidang farmasi dan alat kesehatan nasional perlu dilakukan agar memiliki daya saing, dan mampu mewujudkan kemandirian obat dan alat kesehatan minimal bisa mengurangi ketergantungan terhadap Negara lain.

“Salah satu perusahaan saya dorong adalah PT Harvest Gorontalo Indonesia (HGI). HGI sebagai perusahaan industri herbal, berdiri sejak 2007 berlokasi di Desa Pilohayanga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo, dengan lebih 250 karyawan yang semuanya berasal dari tenaga kerja setempat," pungkasnya.

KEYWORD :

Warta DPR Pimpinan DPR Rachmat Gobel Teknologi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :