Rabu, 24/04/2024 17:14 WIB

Ilmuwan Inggris Tunggu Persetujuan Uji Coba Vaksin Corona ke Manusia

Vaksin yang dimaksud akan memanfaatkan teknologi baru, yang berarti dapat diproduksi dalam jumlah besar dengan peralatan dibeli, dan relatif murah untuk diproduksi hanya dengan 3 pound sterling (USD3,76) per dosis.

Vaksin virus corona Italia memiliki antibodi yang dihasilkan pada tikus yang bekerja pada sel manusia, menurut tes yang dilakukan di Rumah Sakit Spallanzani, penyakit menular Roma. (File foto: Reuters)

London, Jurnas.com - Satu tim ilmuwan Inggris berharap mendapat persetujuan untuk memulai uji coba vaksin virus corona baru (COVID-19) kepada manusia minggu ini.

Vaksin yang dimaksud akan memanfaatkan teknologi baru, yang berarti dapat diproduksi dalam jumlah besar dengan peralatan dibeli, dan relatif murah untuk diproduksi hanya dengan 3 pound sterling (USD3,76) per dosis.

Pemerintah Inggris telah memberikan 18,5 juta pound sterling dalam pendanaan untuk penelitian dan uji coba vaksin, dengan 5 juta pound sterling lebih banyak disumbangkan dari sumber-sumber swasta.

Para ilmuwan, di Imperial College di London, mengatakan vaksin baru bekerja dengan menyuntikkan dosis sekitar seperseribu dari seperseribu materi genetik, yang disebut RNA, ke dalam tubuh, yang memungkinkannya untuk mulai berlipat ganda.

RNA kemudian akan menyebabkan sel-sel manusia untuk mulai memproduksi protein yang ditemukan pada permukaan sel COVID-19, dalam jumlah yang cukup besar untuk melatih sistem kekebalan untuk mendeteksi dan menetralkan protein.

Robin Shattock, pemimpin tim dan spesialis infeksi mukosa di Imperial College, mengatakan jumlah RNA yang dibutuhkan akan berarti bahwa satu liter vaksin bisa cukup untuk menyuntikkan 200 juta orang.

"Ini benar-benar dosis kecil," katanya kepada koran The Times. "Itu sangat bagus dari sudut pandang keamanan tetapi juga dalam hal produksi - itu membuatnya lebih mudah untuk ditingkatkan."

Percobaan pada hewan yang dilakukan pada tikus memberikan hasil yang positif, meskipun tim memperingatkan bahwa setidaknya satu booster mungkin diperlukan adalah efek dari dosis awal vaksin untuk membuktikan tidak cukup.

Tim Imperial mengharapkan uji coba manusia akan dimulai dalam waktu 48 jam setelah disetujui. Fase pertama akan melibatkan 120 orang, sebelum percobaan yang lebih besar dari 6.000 orang dimulai berdasarkan temuan awal.

"Kami sudah punya uang dari pemerintah untuk membuat 5 juta dosis atau  mencakup 2,5 juta orang. Itu cukup untuk seluruh layanan kesehatan dan untuk pekerja rumah perawatan," kata Shattock.

"Tetapi kita juga memiliki kapasitas, jika kita dipanggil, untuk membuat vaksin yang cukup untuk semua populasi orang dewasa di Inggris," sambungnya.

Jika vaksin melewati tahap uji coba manusia, kemungkinan akan didistribusikan di seluruh dunia oleh perusahaan sosial perusahaan VacEquity Global Health, yang mengatakan akan membebaskan pembayaran royalti, didukung oleh Imperial College dan Morningside Ventures, sebuah perusahaan investasi yang berbasis di Hong Kong.

Vaksin lain yang sedang dikembangkan tim di Universitas Oxford mendasarkan desainnya pada prinsip yang sama dengan vaksin Imperial, tetapi dengan menggunakan virus jinak sebagai inang - menjalankan risiko vaksin yang menyebabkan kekebalan terhadap virus inang yang sudah tidak berbahaya daripada dari COVID-19.

Vaksin Oxford telah memulai uji coba pada manusia, dan jika berhasil akan diproduksi secara massal dan didistribusikan di seluruh Eropa oleh raksasa farmasi AstraZeneca, yang telah memulai produksi massal untuk mengantisipasi persetujuannya sebelum akhir tahun 2020. (Press TV)

KEYWORD :

Ilmuwan Inggris Vaksin Corona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :