Kamis, 02/05/2024 12:04 WIB

Bedah RUU HIP, Fahri Bachmid Panel Bersama Dua Guru Besar

masyarakat, karena dinilai berpeluang membangkitkan Partai Komunisme, atau paham komunisme, marxisme dan leninisme.

Dr. Fahri Bachmid,S.H.,M.H (Pakar Hukum Tata Negara, Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar)

Jakarta, Jurnas.com - Pakar Hukum Tata Negara, Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Dr. Fahri Bachmid,S.H.,M.H. akan membedah Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Haluan Ideologi Pancasila (HIP) dalam diskusi virtual bertajuk "RUU HIP Dalam Perspektif UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945: Suatu Tinjauan Konstitusional" pada Rabu (17/6/2020).

Dalam diskusi itu, Fahri Bachmid akan dipanel dengan dua orang guru besar, yakni Prof. Dr. Andi Pangerang Moenta,S.H.,M.H. dari Universitas Hasanuddin (UNHAS) dan Prof. Dr. H. A. Muin Fahmal,S.H.,M.H.  dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makasar.

Diskusi virtual yang akan dimulai pada pukul 13:30 itu juga menghadarikan Pakar Hukum Tata Negara dari Universitas Hairun Ternate Dr. Margarito Kamis,S.H.,M.H, Anggota Komisi III DPR RI, Dr. Supratman Andi Agtas,S.H.,M.H, Pimpinan Komite II DPD RI Hasan Basri,S.E.,M.H, dan keynote speaker oleh Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia Prof.Dr. Jimly Asshiddiqie.S.H. sedangkan pemandu diskusinya adalah advokat senior Rakhmat Jaya,S.H.,M.H.

RUU HIP sebagai inisiatif DPR tengah menjadi polemik keras di masyarakat. Ada segudang penolakan dari berbagai elemen masyarakat, karena dinilai berpeluang membangkitkan Partai Komunisme, atau paham komunisme, marxisme dan leninisme.

Maka untuk mengetahui bagaimana padangan hukum dan konstitusi berkaitan dengan isu ketatanegaraan dalam konteks RUU Haluan Ideologi Pancasila dari Dr.Fahri Bachmid,S.H.,M.H dan narasumber lainnya jangan lewatkan diskusi yang diinisiasi oleh Ikatan Alumni Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makasar ini.

Fahri Bachmid merupakan seorang advokat. Dia juga pernah menjadi Kuasa Hukum Calon Presiden Jokowi - KH. Maaruf Amin pada Pilpres Tahun 2019 lalu.

KEYWORD :

Fahri Bachmid RUU Haluan Ideologi Pancasila




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :