Selasa, 26/10/2021 06:43 WIB

Pelabuhan Jayapura Kembali Layani Kapal Penumpang

Kapal-kapal penumpang kembali beroperasi dengan mengimplementasikan adaptasi kebiasaan baru dan tetap berpedoman terhadap protokol kesehatan Covid 19.

Calon penumpang kapal menjalani protokol kesehatan sebelum naik ke atas kapal di Pelabuhan Jayapura, Papua, Jumat (12/6/2020).

JAYAPURA, Jurnas.com  – Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Jayapura, Papua, Ferra J. Alfaris Pelabuhan  Jayapura, menyatakan bahwa Pelabuhan Jayapura mulai lagi melayani kapal penumpang, hari ini, Jumat (12/6/2020).

“Kami melepas kapal perdana yang mengangkut masyarakat menuju Kabupaten-kabupaten yang ada di wilayah Papua,” ujar Ferra J. Alfaris.  

Menurutnya, Jayapura kembali melayani angkutan penumpang menyusul diterbitkannya Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 12 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Laut Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kapal-kapal penumpang kembali beroperasi dengan mengimplementasikan adaptasi kebiasaan baru dan tetap berpedoman terhadap protokol kesehatan Covid 19.

Pada pelayaran perdana ini diberangkatkan dua kapal yaitu KM. Cantika Lestari 77 dan KM. Sabuk Nusantara 29.

KM Cantika Lestari 77 diberangkatkan dari Pelabuhan Jayapura menuju Pelabuhan Waren dengan mengangkut penumpang sebanyak 173 orang.

KM Sabuk Nusantara 29 juga diberangkatkan dari Pelabuhan Jayapura menuju Pelabuhan Biak dengan membawa penumpang 210 orang.

Sebelumnya, KSOP Kelas II Jayapura bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura memeriksa seluruh Anak Buah Kapal (ABK) dan petugas pengawas sebelum naik ke atas kapal.

Dari hasil pemeriksaan Rapid Test kepada ABK kapal, petugas pengawas dan para penumpang kapal, salah satu ABK dari KM. Sabuk Nusantara 29 didapati bahwa hasilnya Reaktif.

“Salah seorang ABK yang hasilnya dinyatakan reaktif tersebut kita turunkan untuk selanjutnya dilakukan karantina,” ucap Ferra.

TAGS : Pelabuhan Jayapura angkutan penumpang Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :