Kamis, 29/07/2021 05:36 WIB

Sebelum Dicaplok, Israel Mulai Hitung Jumlah Populasi Palestina di Tepi Barat

Israel bersiap untuk menghitung populasi Palestina yang tinggal di daerah-daerah yang akan dianeksasi dengan kedaulatan Israel

Warga Palestina mengibarkan bendera kebangsaannya selama demonstrasi menentang permukiman Israel di desa Questa, di Tepi Barat yang diduduki Israel, pada 2 Maret 2020. (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Israel bersiap untuk menghitung populasi Palestina yang tinggal di daerah-daerah yang akan dianeksasi dengan kedaulatan Israel, sesuai dugaan rencana perdamaian AS "Deal of the Century".

Kelompok hak asasi Israel "Peace Now" mengatakan dalam sebuah studi baru-baru ini ada lebih dari 107.000 warga Palestina yang tinggal di sekitar 43 desa yang akan dianeksasi ke Israel berdasarkan rencana aneksasi Israel.

Menurut Perusahaan Penyiaran Israel, Israel bersiap untuk menghitung warga Palestina yang tinggal di daerah "C", terutama yang termasuk dalam rencana aneksasi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Dilansir Middleeast, wilayah "C" mewakili hampir 60% dari Tepi Barat yang diduduki yang berada di bawah kendali keamanan dan administrasi Israel.

Baru-baru ini, Netanyahu menyatakan niatnya untuk mencaplok sekitar 30% wilayah Tepi Barat, setengah dari wilayah "C".

Menurut apa yang disebut "Kesepakatan Abad" AS, orang-orang Palestina akan diizinkan memilih untuk hidup di bawah kedaulatan Israel atau pindah ke wilayah Otoritas Palestina.

Rencana AS telah menuai kecaman dan kemarahan internasional.

Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, dipandang sebagai wilayah pendudukan di bawah hukum internasional, sehingga membuat semua pemukiman Yahudi di sana - serta aneksasi yang direncanakan - ilegal

TAGS : Populasi Palestina Aneksasi Israel Tepi Barat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :