Jum'at, 26/04/2024 21:36 WIB

Parlemen Iran: Kematian George Floyd Ungkap Sifat Tidak Manusiawi AS

Anggota parlemen Iran mengecam kebrutalan polisi AS yang menyebabkan kematian George Floyd di Minneapolis pada 25 Mei.

Petugas NYPD menahan pengunjuk rasa karena melanggar jam malam selama demonstrasi sebagai reaksi atas kematian di tahanan polisi Minneapolis dari George Floyd, di wilayah Manhattan di New York City, AS, 2 Juni 2020. (Foto: Reuters)

Teheran, Jurnas.com - Anggota Parlemen Iran mengecam tindakan terorisme rasis yang dilakukan polisi Amerika Serikat terhadap warga Afrika-Amerika yang tidak berdaya selama beberapa dekade.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Selasa (2/6), anggota parlemen Iran mengecam kebrutalan polisi AS yang menyebabkan kematian George Floyd di Minneapolis pada 25 Mei, mengatakan tragedi itu mengungkapkan sifat tidak manusiawi dari rezim AS.

Floyd, yang tidak bersenjata, meninggal setelah seorang perwira polisi AS menekan lehernya menggunakan lutut selama lebih dari delapan menit meskipun pria itu menangis dan mengatakan tidak bisa bernapas.

Tragedi kematian Floyd terekam dalam video, yang memicu protes besar-besaran di seluruh AS. Akasi unjuk rasa itu disambut dengan tanggapan polisi yang semakin berat.

Anggota parlemen Iran menggambarkan Floyd sebagai hanya satu dari ratusan warga kulit hitam Amerika yang dibunuh secara brutal polisi setiap tahun. Menurutnya, orang kulit hitam tidak dapat bernapas selama beberapa dekade di bawah tekanan terorisme rasial oleh rezim AS.

"Hari ini, `mimpi buruk Amerika` muncul lebih dari sebelumnya, dan teriakan orang kulit hitam yang tertindas terdengar, yang, seperti martir Malcolm X, ingin berteriak bahwa kita adalah korban dari Amerikanisme; korban sistem kemunafikan yang hari ini tampaknya untuk menjadi seluruh dunia, seolah-olah memiliki wewenang untuk memberitahu semua orang di dunia bagaimana menjalankan negara mereka," kata mereka.

El-Hajj Malik El-Shabazz, lebih dikenal sebagai Malcolm X, adalah seorang menteri Muslim Amerika dan aktivis hak asasi manusia yang merupakan tokoh populer selama gerakan hak-hak sipil. Ia dibunuh di New York pada 21 Februari 1965.

Di tempat lain dalam pernyataan mereka, para anggota parlemen menyoroti tingkat infeksi dan kematian yang lebih tinggi di antara orang kulit hitam Amerika yang disebabkan oleh pandemi virus corona baru yang dikenal COVID-19.

Para anggota parlemen mencatat bahwa lebih dari 400 tahun setelah migrasi paksa orang-orang kulit hitam ke Amerika, mereka belum diakui sebagai warga negara oleh perusahaan AS.

Mereka mencatat bahwa rasisme di AS bahkan dimanifestasikan dalam pengelolaan pandemi COVID-19. Korban kulit hitam akibat COVID-19 tiga kali lebih tinggi daripada kulit putih dan di beberapa negara, lebih dari 70% COVID-19 pasien adalah orang Amerika keturunan Afrika.

"Selain itu, warga kulit hitam Amerika dan warga kulit berwarna Amerika lainnya masih menjadi korban kebrutalan polisi sistemik, pengurungan massal dan diskriminasi rasial dalam sistem peradilan Amerika," kata mereka.

Para anggota parlemen Iran mengutuk "sifat sistemik terorisme rasial polisi terhadap orang kulit hitam," mengutip angka-angka yang menunjukkan pembunuh polisi kulit hitam menghindari keadilan.

Berdasarkan angka resmi, pada tahun 2019 saja, 264 orang kulit hitam Amerika terbunuh oleh polisi. Dalam 99 persen kasus, petugas yang melakukan kejahatan bahkan tidak ditangkap. Sisa satu persen dari kasus disalahkan atas kesalahan polisi.

Para anggota parlemen lebih lanjut mengacu pada ancaman Trump baru-baru ini untuk melepaskan militer terhadap demonstran anti-rasisme, mengatakan Washington telah mengadopsi pendekatan yang sama terhadap negara-negara lain.

"Perkembangan baru-baru ini mengungkapkan realitas hak asasi manusia Amerika. Pernyataan presiden teroris AS tentang ancaman pembunuhan demonstran Amerika menunjukkan bahwa orang-orang di negara lain tidak hanya menjadi korban terorisme negara AS, tetapi bahwa Amerika adalah korban pertama dari berbagai bentuk terorisme. Kami berharap untuk melihat gerakan rakyat di Amerika Serikat segera membuahkan hasil untuk mengekspos sifat tidak manusiawi dari rezim AS," catat mereka.

KEYWORD :

Anggota Parlemen Iran Amerika Serikat Donald Trump George Floyd




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :