Minggu, 28/04/2024 10:52 WIB

Kendaraan Niaga

VW Truck Bidik Pasar Amerika

Walaupun sebagai pemegang saham minoritas, Namun VW tetap memiliki hak untuk menunjuk dua direktur di jajaran direksi Navistar.

Foto: Sumber Autoblog

Detroit – Produsen mobil Volkswagen kini tengah mempersiapkan strategi untuk merebut pasar truk di Amerika Serikat.

Hal tersebut kabarnya bakal direalisasikan dengan mengakuisisi sebagian saham pabrikan truk AS, Navistar International Corp. Langkah ini sekaligus sebagai batu pijakan bagi raksasa otomotif Eropa ini dalam memperluas operasional truk ke pasar global.

Seperti dilansir The Wall Street Journal, VW akan berinvestasi sebesar $256 juta atau sekitar Rp3,3 triliun di Navistar atau sama dengan $15,76 per saham. Jumlah investasi tersebut mencapai 16,6% saham di perusahaan truk AS ini.

Walaupun sebagai pemegang saham minoritas, Namun VW tetap memiliki hak untuk menunjuk dua direktur di jajaran direksi Navistar. Dan melalui akuisisi tersebut, Navistar memperkirakan dapat menghemat biaya sebesar $200 juta dalam lima tahun.

Adapun alasan Navistar setuju dengan komitmen investasi VW itu, kabarnya lebih disebabkan oleh kesulitan untuk memenuhi standar emisi yang makin ketat dan akibat dari makin terkikisnya pangsa pasar mereka di pasar truk komersial Amerika Utara.

Sementara itu bagi para eksekutif VW, rencana akuisisi atas Navistar tersebut merupakan rasa percaya diri VW dalam berekspansi ke pasar AS di tengah sentimen negatif terhadap perusahaan Jerman itu, menyusul terkuaknya skandal manipulasi data emisi mobil diesel VW beberapa waktu lalu. [Rafa]


KEYWORD :

Volkswagen




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :