Kamis, 25/04/2024 15:57 WIB

BPSDM Perhubungan Terapkan The New Normal on Campus

Kedatangan taruna ke asrama akan dilakukan secara bertahap mulai dari 2 Juni 2020 dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 di Area Pendidikan.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Sugihardjo (kanan) saat memimpin rapat the new normal on campus secara virtual bersama para Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh Indonsia.

JAKARTA, Jurnas.com –Badan Pengembangan SDM Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan akan kembali melakukan proses belajar mengajar dengan menerapkan prosedur the new normal on campus secara bertahap.

Kembalinya taruna ke lingkungan kampus akan menggunakan pendekatan “the new normal on campus” yaitu kegiatan kampus yang kembali aktif seperti kondisi sebelum terjadinya Pandemi Covid-19 dengan beberapa penyesuaian kegiatan, serta menerapkan protokol kesehatan dan manajemen resiko Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Kemarin kami menggelar Rapat Pimpinan BPSDMP secara virtual bersama seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan BPSDMP untuk memastikan kesiapan masing-masing dalam memulai new normal on campus,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Sugihardjo di Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Rencananya kedatangan taruna ke asrama akan dilakukan secara bertahap mulai dari 2 Juni 2020 dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 di Area Pendidikan.

Protokol kesehatan dilaksanakan mulai dari taruna berangkat dari rumah sampai dengan tibanya di kampus dan selama berada di lingkungan kampus baik di asrama, kelas, laboratorium dan fasilitas pendidikan lainnya.

Sugihardjo menambahkan, kembalinya taruna secara bertahap dan terjadwal dilakukan dengan pertimbangan agar taruna tidak berkumpul dalam jumlah yang besar ketika akan dilakukan pemeriksaan kesehatan setibanya di kampus.

Hal lain yang menjadi pertimbangan juga adalah adanya pembatasan kapasitas angkut moda transportasi serta penerapan PSBB yang berlaku di beberapa wilayah dimana kampus berada.

“Proses kembalinya taruna ke lingkungan kampus akan kami laksanakan sesuai Protokol Pencegahan Penyebaran Covid-19,” tegas Sugihardjo.

Untuk kelancarannya, BPSDM Perhubungan telah berkordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Pandemi Covid-19 pada masing-masing daerah. Harapan kami, kembalinya taruna ke kampus dapat terkoordinir dengan baik.

Meski telah dibuat jadwal secara rinci, namun pada pelaksanaannya waktu kembalinya taruna ke kampus dapat menyesuaikan dengan kondisi dan kebijakan Pemerintah Daerah setempat.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi juga memberikan arahan agar betul-betul memperhatikan dan melaksanakan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19 bagi para taruna dalam proses kembalinya taruna ke kampus.

“Kami akan memastikan prosedur kembalinya taruna ke lingkungan kampus terlaksana dengan baik. Jumlah taruna yang tidak sedikit tentu menuntut kerja keras dan ketelitian serta kedisiplinan,” tutur Sugihardjo.

KEYWORD :

new normal on campus BPSDM Perhubungan covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :