Minggu, 28/04/2024 01:25 WIB

Obama Calonkan Hakim Muslim Pertama di AS

Ia dicalonkan oleh Presiden Barack Obama untuk menjadi hakim di Pengadilan Distrik, Columbia, karena kegigihannya untuk mempersatukan kelompok etnis di wilayah itu.
 

Barack Obama, Abid Qureshi

Warga Amerika Serikat kelahiran Pakistan, Abid Qureshi akan menjadi Muslim pertama sebagai hakim federal di negara itu. Ia dicalonkan oleh Presiden Barack Obama untuk menjadi hakim di Pengadilan Distrik, Columbia, karena kegigihannya untuk mempersatukan kelompok etnik di wilayah itu.

“Dengan bangga, Saya mencalonkan Pak Qureshi untuk mengabdi di Pengadilan Distrik. Saya yakin beliau akan melayani rakyat Amerika dengan integritas dan komitmen yang teguh terhadap keadilan,” kata Presiden Obama seperti dirilis situs gedung putih, Selasa waktu setempat.

Meski dicalonkan Obama, pencalonan Qureshi sebagai hakim federal belum disahkan oleh senat. Senat, yang dikuasai oleh Partai Republik itu, berpendapat bahwa presiden tidak seharusnya mencalonkan para hakim ketika mandatnya sebagai presiden akan segera berakhir.

Akan tetapi menurut Obama,, berdasarkan konstitusi negara itu tidak ada pembatasan waktu pencalonan hakim oleh presiden yang masa jabatannya akan segera berakhir. Sebagai mana diketahui, Amerika Serikat akan menggelar pemilihan presiden pada 8 November mendatang. Donald Trump mewakili Partai Republik dan Hillary Clinton menjadi calon presiden dari Partai Demokrat.

KEYWORD :




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :