Selasa, 05/07/2022 17:22 WIB

Usai Bombardir Yaman, Kini Saudi Serukan Donasi

Acara yang akan dipimpin oleh Raja Salman Bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, akan diadakan secara virtual.

Foto ini diambil pada 8 Februari 2018 menunjukkan tentara Saudi terlihat di Yaman (Foto: Presstv)

Riyadh, Jurnas. com - Bersama PBB, Arab Saudi akan menjadi tuan rumah konferensi donor untuk Yaman pada 2 Juni mendatang. Demikian laporan kantor berita negara SPA pada Minggu (10/5) kemarin.

Dikutip dari Al-Arabiya pada Senin (11/5), acara yang akan dipimpin oleh Raja Salman Bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, akan diadakan secara virtual.

"Arab Saudi menyerukan kepada negara-negara donor lain untuk berpartisipasi dalam keberhasilan acara janji kemanusiaan penting ini, untuk membantu PBB dan dunia memberikan bantuan yang penting dan menyelamatkan jiwa bagi Yaman dan rakyatnya selama tahun berikutnya," tulis SPA.

Pengumuman itu datang pada saat lembaga bantuan internasional memperingatkan bahwa Yaman berpeluang menghadapi wabah Covid-19 terbesar, sebab tidak memiliki sumber daya atau infrastruktur untuk menampung pasien.

Komite Darurat Nasional Tertinggi Yaman untuk Coronavirus melaporkan 17 kasus baru, meningkatkan jumlah total Covid-19 yang dikonfirmasi di negara itu menjadi 51 kasus, sementara jumlah korban tewas mencapai delapan orang.

PBB menganggap situasi di Yaman sebagai krisis kemanusiaan terbesar di dunia, dan mengatakan bahwa setidaknya 24,1 juta orang, atau 80 persen dari populasi negara itu membutuhkan bantuan kemanusiaan. 10 juta orang mengalami kelaparan dan 7 juta orang kekurangan gizi.

"Sejak kasus Covid-19 yang pertama dikonfirmasi, kami telah memperingatkan bahwa virus itu sekarang ada di Yaman dan mungkin cepat menyebar," terang Lise Grande, Koordinator Kemanusiaan untuk Yaman.

"Semua faktor ada di sini. Tingkat kekebalan umum yang rendah, tingkat kerentanan akut yang tinggi dan sistem kesehatan yang rapuh dan kewalahan," tandas dia.

Diketahui, perang sipil di Yaman antara militer yang didukung Arab Saudi dengan kelompok Houthi telah menyebabkan negara Arab itu jatuh dalam kemiskinan.

TAGS : Yaman Arab Saudi Konferensi Donor




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :