Rabu, 24/07/2024 04:46 WIB

Salah Sasaran, Kapal Perang Iran Malah Tembak Teman Sendiri

Menurut laporan media setempat yang belum dikonfirmasi, 40 personil angkatan laut Iran, termasuk komandan kapal perang Konarak, menjadi korban tewas.

Ilustrasi kapal perang (foto: UPI)

Teheran, Jurnas.com - Sebuah kapal perang perusak Iran secara tidak sengaja menembak kapal perang Iran lainnya di Teluk Oman, pada Minggu (10/5) malam. Kejadiannya menyebabkan satu orang tewas, dan puluhan lainnya luka-luka.

Dikutip dari Al-Arabiya pada Senin (11/5), Kapal perang "Konarak" Iran menjadi sasaran rudal yang ditembakkan oleh kapal perusak "Jamaran", selama latihan militer di Teluk Oman.

Menurut laporan media setempat yang belum dikonfirmasi, 40 personil angkatan laut Iran, termasuk komandan kapal perang Konarak, menjadi korban tewas.

Namun stasiun televisi pemerintah merevisi bahwa jumlah korban tewas "setidaknya hanya satu orang."

"Insiden itu terjadi di perimeter pelabuhan Jask selatan Iran di Teluk Oman selama latihan Angkatan Laut Iran pada Minggu. Paling tidak satu orang tewas dan beberapa lainnya cedera," demikian laporan yang mengutip angkatan laut Iran.

"Kapal Konarak ditembak dengan rudal kemarin sore selama latihan militer di perairan Bandar-e Jask," lanjut dia.

"Kapal itu tertabrak setelah memindahkan target latihan ke tujuannya, dan tidak menciptakan jarak yang cukup antara dirinya dan target," tambahnya.

Kapal perang Konarak yang dirakit di Iran, mulai beroperasi pada 2018. Perusak Jamaran, juga dirakit di Iran, mulai beroperasi pada 2010 dan dilengkapi dengan rudal anti-kapal.

Militer Iran diperkirakan akan mengeluarkan pernyataan yang lebih rinci dalam beberapa jam ke depan.

KEYWORD :

Kapal Perang Iran Teluk Oman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :