Selasa, 21/09/2021 19:19 WIB

Sekjen PBB Serukan Negara Jamin Wartawan Lakukan Tugas

Pers menjadi penangkalnya: berita dan fakta yang sudah diperiksa kebenarannya, berdasarkan sains dan fakta

Sektretaris Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres (Foto: AFP)

Jenewa, Jurnas.com - Sekjen PBB Antonio Guterres menyerukan kepada seluruh negara untuk memberi jaminan agar wartawan dapat melakukan pekerjaan mereka dengan aman di tengah pandemi Covid-19.

“Seiring merebaknya pandemi ini, merebak pula pandemi kedua yaitu misinformasi, dari nasehat kesehatan yang berbahaya hingga teori-teori konspirasi. Pers menjadi penangkalnya: berita dan fakta yang sudah diperiksa kebenarannya, berdasarkan sains dan fakta,” kata Antonio Guterres saat peringati Hari Kebebasan Pers Seduni

Ditambahkannya, “Sejak pandemi merebak, banyak wartawan menjadi sasaran hukuman dan pembatasan yang diperluas hanya karena melakukan pekerjaan mereka.”

PBB mengakui perlunya membatasi perjalanan untuk mencegah meluasnya perebakan virus corona tetapi mengatakan pembatasan itu “seharusnya tidak disalahgunakan” supaya wartawan tidak dapat melakukan pekerjaan mereka.

Menurut Press Emblem Campaign yang berkantor di Jenewa, sedikitnya 55 wartawan dari 23 negara telah meninggal sejak 1 Maret karena terjangkit virus corona.

Hari Kebebasan Pers Sedunia yang dipelopori oleh UNESCO telah menyatakan tema tahun ini adalah “Jurnalisme tanpa Takut atau Tanpa Sogok.”

Menurut data Universitas Johns Hopkins virus corona telah menginfeksi 3.504.129 orang dan menyebabkan kematian 247.326 di seluruh dunia.

 

TAGS : Hari Kebebasan Pers PBB Covid-19 Wartawan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :