Sabtu, 20/04/2024 00:37 WIB

Ini Fitur Whatsapp yang Membantu Saat Work From Home

Fitur dalam aplikasi ini dinilai bisa membantu penggunanya untuk beraktifitas

Ilustrasi WhatsApp

Jakarta, Jurnas.com - Aplikasi perpesana milik Facebook Inc, WhatsApp menjadi aplikasi yang cukup populer yang diperkirakan telah digunakan lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk chatting, panggilan suara, hingga video. Fitur dalam aplikasi ini dinilai bisa membantu penggunanya untuk beraktifitas.

Apalagi di era Pandemi Virus Corona ini, mengharuskan pekerja untuk mulai Work From Home (WFH). Ada fitur yang memang mendukung WFH sekaligus bisa lebih irit.

1. Panggilan Video hingga 8 Orang

Aplikasi konferensi video tampaknya merajalela sejak diterapkanya bekerja di rumah untuk memerangi pandemi COVID-19. Konferensi video dapat digunakan untuk meeting dengan rekan kerja.

WhatsApp pun meningkatkan panggilan vidoenya hingga 8 orang. Sebelumnya fitur hanya dapat digunakan oleh 4 orang. Sayangnya fitur baru tersebut belum bisa digunakan untuk seluruh pengguna. Fitur hadir pada aplikasi versi beta.

Dilansir dari laman Life Hacker, pengguna harus mengunduh WhatsApp versi beta 2.20.133 untuk ponsel Android dan 2.20.50.25 untuk ponsel iOS terlebih dahulu sebelum menjajal fitur. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp versi beta tersebut. Kemudian, pilih menu panggilan dan buka panggilan baru. Setelah itu, klik panggilan grup baru dan tambahkan 7 peserta.

2. Lebih Irit Kuota

Cara untuk menghemat kuota di WhatsApp yaitu membuka aplikasi WhatsApp dan klik ikon tiga titik yang terletak di sudut kanan atas. Kemudian pilih menu pengaturan/Setelah. Pada menu pengaturan, pilih data dan penyimpanan.

Pada bagian unduh otomatis media cobalah untuk membatasi konten yang Anda unduh otomatis. Caranya pada bagian saat menggunakan data seluler pilihlah satu konten saja yang tidak membuang banyak kuota Anda misalnya audio atau dokumen. Lalu Anda bisa mengaktifkan semua unduhan konten pada bagian saat terhubung ke Wi-Fi.

Langkah terakhir, centang opsi penggunaan data minimum. Dengan memeriksa opsi ini, ketika Anda menyampaikan panggilan suara atau video maka fitur ini akan memampatkan data sehingga akan menghemat kuota.

3. Kirim Dokumen

WhatsApp juga dapat digunakan untuk mengirim dokumen atau file. Caranya pun cukup mudah. Tekan tombol lampiran disebelah ikon kamera. Kemudian pilih dokumen dan pilihlah dokumen Anda yang akan dikirimkan kepada rekan kerja.

4. WhatsApp Web

WhatsApp dapat digunakan melalui perangkat laptop dan computer/PC. Hal tersebut pastinya dapat membantu Anda saat bekerja dari rumah. Tidak perlu mengecek smartphone terus-menerus, WhatsApp Anda dapat terhubung ke PC dengan fitur WhatsApp Web.

Berikut cara untuk menggunakan fitur tersebut. Pertama-tama, buka WhatsApp pada browser PC Anda atau ketikan web.whatsapp.com. Kemudian, Anda akan diminta untuk memindai kode QR. Gunakan pemindai QR dari dalam WhatsApp untuk memindai kode QR. (Berbagai Sumber)

 

KEYWORD :

Whatsapp Video Call Work From Home




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :