Senin, 17/05/2021 17:39 WIB

Duta Milenial Kementan Ajak Tiga Ribu Petani kembangkan Pertanian Organik

, Ia berhasil mendapatkan beberapa penghargaan bahkan dari Presiden RI Joko Widodo sebagai juara Nasional pemuda pelopor.

Rahmat Yogi salah satu duta petani milenial yang baru saja dikukuhkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo awal pekan ini. I

Jakarta, Jurnas.com - Rahmat Yogi salah satu duta petani milenial yang baru saja dikukuhkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo awal pekan ini. Ia merupakan satu dari 67 Duta Petani Milenial yang sukses dalam mengembangkan usaha pertanian.

Rahmat yogi terpilih juga karena perannya dalam menjalankan program Pemerintah yaitu Regenerasi Petani. Ia dipilih melalui Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) “Yoganik” yang dibentuknya sejak 2013 bersama sang adik, Mursyid Rusmana, gencar menggerakkan dunia usaha pertanian ke masyarakat disekitarnya.

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan Syahrul dalam mempercepat regenerasi sektor pertanian. “Saya makin percaya anak muda yang mau terjun dibidang pertanian bisa punya peluang kehidupan dan ekonomi yang lebih baik. Apalagi dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia maka dunia dalam genggaman kaliau," ujar Syahrul.

Sedangkan menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, “Turunnya jumlah petani muda menimbulkan krisis petani, oleh karena itu regenerasi mutlak dilakukan karena mereka paling berperan dalam pembangunan pertanian di Indonesia kedepan di era 4.0, karena mereka dipastikan melek teknologi dan cerdas. Dengan lahirnya petani-petani milenial seperti Rahmat Yogi dan yang lainnya akan mempercepat pembangunan pertanian di Indonesia,” ujar Dedi.

Pola pengembangan untuk regenerasi dilakukan oleh Yogi melalui berbagai sosialisasi dan pelatihan pertanian organik seperti budidaya sayuran organik, sistem pemasaran organik dan kelembagaan kelompok ke 2.500 petani milenial bahkan jika ditotal dengan Petani diatas umur milenial mencapai 3.000 dari berbagai provinsi di Indonesia sejak P4S nya terbentuk.

Yogi juga mencontohkan kepada petani yg dilatihnya berbagai metode dan strategi dalam mengembangkan usaha agribisnin hingga mendapatkan omzet 150 juta per bulan.

Selain itu di P4S Yoganik besutan Yogi ini juga memberdayakan masyarakat disekitarnya dalam pengembangan kawasan rumah pangan lestari (KRPL), menerapkan prinsip-prinsip organik serta bertujuan untuk mencukupi kebutuhan gizi dan pangan keluarga terutama untuk menambah perekonomian keluarga.

Dengan keberhasilannya memberdayakan sejumlah petani milenial dalam budidaya pertanian organik, Ia berhasil mendapatkan beberapa penghargaan bahkan dari Presiden RI Joko Widodo sebagai juara Nasional pemuda pelopor.

Ditengah pandemic COVID-19 Yogi bersama adiknya tetap melaksanakan usaha taninya dengan menerapkan upaya pencegahan agar tetap bisa melakukan kegiatan pertanian dan menjaga kebutuhan pangan untuk masyarakat.

Dengan adanya pandemi COVID-19, penyediaan pangan bagi masyarakat adalah prioritas kami saat ini,” ujar Yogi.

TAGS : Duta Milenial Kementan Pertanian Organik Rahmat Yogi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :