Senin, 17/05/2021 16:50 WIB

Persi Bilang Tak Mudah Dapatkan Alkes untuk Covid-19

Logo Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesi. Foto: persi.or.id

JAKARTA, Jurnas – Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) mengaku sangat sulit mendapatkan alat kesehatan untuk digunakan menangani dan merawat pasien covid-19, terutama masker N95.

 “Selama dua bulan terakhir ini Rumah Sakit tidak mudah mendapatkan alat kesehatan untuk penanganan covid-19,” kata Sekretaris Jenderal Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi), Lia Gardenia Partakusuma di Jakarta, Minggu (19/4/2020).

Menurut Lia, masker N95 sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis yang bekerja di garda terdepan melawan covid-19.

Kesulitan mendapatkan jumlah alkes yang dibutuhkan membuat setiap rumah sakit saling bersaing mendapatkan alat-alat tersebut. Jadi banyak rumah sakit yang membayar lebih dahulu adalah yang bisa mendapatkan alat-alat tersebut.

"Kalau rumah sakit kan agak repot. Karena sekarang ini rumah sakit seolah-olah harus menyiapkan uang tunai. Satu hal lagi yang paling repot adalah soal harga. Harga ini kelihatannya bisa berlipat ganda tingginya. Apakah karena permintaannya tinggi sehingga barang sedikit. Jadi, siapa cepat dia dapat," kata Lia melanjutkan.

Persi sendiri tidak bisa berbuat banyak soal belum terpenuhinya kebutuhan alat-alat kesehatan ini karena alasan bahan baku yang berada dari luar negeri. Persi bersyukur bantuan dari pemerintah maupun donatur bisa sedikit membantu meskipun belum memenuhi kebutuhan.

Sebelumnya melalui Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan, Menteri BUMN Erick Thohir menyentil soal industri alkes dalam negeri yang kekurangan bahan baku karena mafia besar baik global maupun lokal.

 

TAGS : Persi Perhimpunan rumah sakit seluruh indonesia alkes covid-19 masker N95




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :