Sabtu, 27/04/2024 03:17 WIB

PLP Tanjung Uban Kerahkan Dua kapal Patroli Awasi Lokasi Tenggelam MT Wan Da

Kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Pangkalanan PLP Kelas II Tanjung Uban, Kepulauan Riau. Foto: Humas Ditjen Hubla

KEPRI, Jurnas.com – Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Uban, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengerahkan dua kaplal patroli untuk melakukan pengamanan dan pengawasan kapal MT. Wan Da berbendera Dominica yang tenggelam di Perairan Johor Malaysia.

Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban Capt. Handry Sulfian mengerahkan dua kapal patroli yaitu KN. Kalimasadha - P.115 dan KN. Rantos - P.210 untuk siaga di lokasi tenggelamnya kapal MT. Wan Da dengan GT 325.

MT Wan Da tenggelam di perairan Johor dan kini terseret arus hingga ke perairan Riau.

“Kami menerima berita musibah tenggelamnya sebuah kapal berukuran GT 325 bernama MT. Wan Da di Perairan Johor Malaysia," ujar Capt. Handry di Kepri, Jumat (17/4/2020).

Capt. Handry menjelaskan tanggal 16 Maret 2020 pihaknya mendapat informasi kembali dari Disnav Kelas I Tanjung Pinang/VTS Batam dan KRI Krait bahwa kapal tersebut sudah bergeser 1 Nautical mill dari TSS (Traffic Separation Scheme ) posisinya memasuki Wilayah Perairan Indonesia dengan koordinat 1° 21. 275`  N/  104° 19.794 E.

"Setelah berkoordinasi dengan Kantor UPP Kelas II Tanjung Uban dan Basarnas, kami segera menggerakan KN. Rantos dan KN. Kalimasadha agar melaksanakan pengamanan dan pengawasan terhadap kapal yang telah tenggelam karena posisinya sudah hanyut memasuki perairan Indonesia karena dikhawatirkan akan menganggu alur pelayaran di wilayah RI," kata Capt. Handry.

Usai mendapat perintah, KN. Rantos - P.210 dan KN. Kalimasadha - P.115 segera meluncur ke lokasi kejadian dan setibanya di lokasi kejadian mendapatkan kapal tersebut sudah dalam keadaan terbalik dan tidak ada satu orang kru kapal di lokasi tersebut.

Sementara itu, Direktur KPLP Ditjen Perhubungan Laut Ahmad menyatakan di tengah pandemi Covid 19, KPLP dalam hal ini Pangkalan PLP Tanjung Uban  tetap siaga melaksanakan fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran.

Terkait musibah tenggelamnya kapal MT. Wan Da, Ahmad menyebutkan bahwa KPLP telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam menangani musibah kecelakaan kapal ini sesuai tupoksi masing-masing.

"Sebagai lembaga yang bertugas melakukan pengamanan di laut, kami telah menginstruksikan jajaran KPLP khususnya di Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban agar tetap bersiaga di sekitar lokasi kejadian untuk mengamankan alur pelayaran dan memastikan aspek keselamatan pelayaran di wilayah perairan tersebut serta menjalankan tugas lain yang menjadi tupoksi KPLP," tutup Ahmad.

KEYWORD :

MT Wan Da kapal tenggelam PLP Tanjung Uban kapal patroli




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :