Jum'at, 14/05/2021 23:04 WIB

Terdampak Covid-19, Begini Skenario MotoGP Musim Depan

Seluruh tim MotoGP akan mempertahankan motor yang sama untuk awal musim 2021.

MotoGP (foto: Autosport)

Paris, Jurnas.com - Seluruh tim MotoGP akan mempertahankan motor yang sama untuk awal musim 2021. Ini merupakan bagian dari langkah pemotongan biaya, guna membatasi dampak keuangan yang disebabkan oleh pandemi virus corona baru (Covid-19).

Para pejabat tim mengumumkan pada Kamis (16/4) bahwa tidak ada pengembangan motor akan diizinkan musim ini, sehingga akan dihomologkan pada awal tahun.

"Perubahan ini dirancang untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh krisis Covid-19 yang sedang berlangsung, sambil mempertahankan keadilan dan kesetaraan untuk melestarikan nilai hiburan olahraga dan integritas kompetisi," kata Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dalam sebuah pernyataan.

"Tidak akan ada pembaruan dari bagian yang di-homologasi selama musim 2020. Ini berlaku untuk semua produsen," imbuh dia dilansir dari AFP.

Ia menambahkan, "Produsen harus memulai musim 2021 menggunakan bagian homolog Maret 2020. Setelah itu, peraturan peningkatan normal akan berlaku untuk sisa musim 2021 sesuai peraturan saat ini."

Itu berarti tim non-konsesi Honda, Yamaha, Ducati dan Suzuki tidak akan dapat mengembangkan mesin mereka selama kampanye 2021. Pengendara juga akan dibatasi hanya dua motor per musim.

Sementara pembekuan pengembangan juga akan berlaku sampai akhir musim 2021 untuk Moto2 dan Moto3.

Delapan balapan pertama musim 2020 telah dibatalkan atau ditunda. MotoGP Jerman di Sachsenring pada 21 Juni, juga ragu menyusul perpanjangan larangan acara publik skala besar di negara itu.

TAGS : MotoGP Virus Corona




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :