Jum'at, 17/05/2024 18:04 WIB

Anggrek Bertipe Novelty Ini Siap Ramaikan Pasar Bunga

Nirmala agrihorti berasal dari persilangan antara Phalaenopsis R948 yang warna bunganya putih kecil dengan jumlah kuntum banyak dengan I Hsin Bee yang warna bunga kuning bercak cokelat.

Anggrek bertipe Novelty produk terbaru Balitbangtan. (Foto: Balitbangtan)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) memanen anggrek percontohan di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Segunung dan Cipanas. Salah satunya ialah Nirmala agrihorti, varietas terbaru yang berhasil dikembangkan.

Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) Balitbangtan, Rudy Soehendi, saat meninjau lokasi pertanaman anggrek Phalaenopsis di IP2TP Cipanas menyampaikan, anggrek tersebut berbeda dari anggrek sebelumnya.

"Varietas terbaru anggrek Phalaenopsis yang dihasilkan Balitbangtan sekarang bertipe novelty atau berbeda dari anggrek-anggrek yang sudah ada. Warna dasar bunganya putih dengan totol ungu atau gelap diharapkan mampu mengisi pasar di Indonesia," ujar Rudy, Senin (13/4).

Nirmala agrihorti berasal dari persilangan antara Phalaenopsis R948 yang warna bunganya putih kecil dengan jumlah kuntum banyak dengan I Hsin Bee yang warna bunga kuning bercak cokelat. Panjang dan lebar bunga serta warna bunga merupakan perpaduan tetuanya.

Peneliti Balitbangtan, Dedeh Siti Badriah menjelaskan, persilangan anggrek Phalaenopsis dimulai dengan dipadukannya putik yang memiliki cairan bening pada waktu satu sampai lima hari dari awal bunga mekar.

Kemudian, polen dari jenis yang lain diambil dan ditempelkan kepada putik tersebut sehingga dari hasil perpaduan tersebut akan diperoleh perpaduan warna bunga yang diinginkan.

Sebagai informasi, Nirmala agrihorti sendiri masih dalam penyempurnaan lebih lanjut, kemudian akan didaftarkan sebagai varietas unggul baru anggrek Balitbangtan.

Diberbagai kesempatan, Kepada Balitbangtan Balitbangtan Fadjry Djufry meminta jajarnya agar terus berpacu dalam meningkatkan hasil inovasi demi kesejahteraan petani. Salah satunya ialah tanaman hias.

"Kita tidak bisa berpuas diri, kita terus upayakan dan tingkatkan hasil inovasi sehingga produk yang kita hasilkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani," kata Fadjry.

KEYWORD :

Anggrek Percontohan Nirmala agrihorti Anggrek Novelty




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :