Jum'at, 26/04/2024 00:18 WIB

Gempa 6,2 SR di Italia, Ratusan Orang Tewas

Kata Lembaga Vulkanologi dan Seismologi Nasional (UNGV). Amatrice dan Accumoli, dua kota kecil di Provinsi Rieti, termasuk yang paling parah diguncang gempa.

Italia - Gempa bumi dengan kekuatan 6,2 pada Skala Richter dengan kedalaman 4,2 kilometer mengguncang daerah pegunungan di dekat Kota Rieti, sekitar 140 kilometer di sebelah timur-laut Roma, pada Rabu (24/8) pukul 03.36 waktu setempat. Petugas pertolongan berlomba dengan waktu untuk menyelamatkan korban gempa bumi kuat yang mengguncang Italia Tengah pada Rabu pagi, sementara korban jiwa lebih dari 100.

Dalam pernyataannya, Perdana Menteri Italia, Matteo Renzi mengatakan, jumlah korban mencapai 120 sampai Rabu siang, namun para pejabat memperingatkan jumlah korban jiwa terakhir mungkin bertambah lagi, sebab puluhan orang dilaporkan masih belum ditemukan sampai Rabu petang.

Kata Lembaga Vulkanologi dan Seismologi Nasional (UNGV). Amatrice dan Accumoli, dua kota kecil di Provinsi Rieti, termasuk yang paling parah diguncang gempa. Sedikitnya 60 nyawa korban diselamatkan di sana, kata Kepala Perlindungan Sipil Fabrizio Curcio kepada wartawan saat ia mengunjungi Amatrice. Tak kurang dari 20 orang lagi tewas di Desa Arquata del Tronto dan Pescara del Tronto di Wilayah Marche Timur.

Diberitakan Xinhua, di Amatrice petugas pertolongan menggali dengan menggunakan tangan untuk mencapai penyintas yang terjebak di bawah reruntuhan. Suara penyintas dapat didengar beberapa jam setelah dua gempa kuat mengguncang wilayah itu. Sebagian besar gedung di sepanjang dua jalan utama ambruk akibat guncangan gempa, sehingga menimbun seluruh keluarga yang pergi ke daerah tersebut untuk berlibur.

Rumah sakit setempat rusak dan dikosongkan, tapi tak ada korban cedera yang dicatat.  Banyak gedung rusak total sehingga tak ada harapan ada orang yang selamat, tapi petugas pertolongan menggunakan buldozer dan mesin berat untuk membersihkan puing.

Jika tidak, mereka menggali tanpa bersuara di sepanjang jalan sempit di kota Abad Pertengahan tersebut agar bisa mendengarkan tanda kehidupan. "Empat perempuan tua dan tiga biarawati kami masih terkubur di bawah reruntuhan," kata Cesare, seorang pendeta di masyarakat agama setempat.

Ketika gempa mengguncang, sebanyak 13 orang dan enam biarawati sedang tidur di biara, yang dioperasikan sebagai pusat liburan buat orang tua pada Juli dan Agustus. Ketujuh orang yang terjebak di dalam berusia antara 75 dan 90 tahun.

Di Accumoli  yang berada di dekat pusat kota, tiga perempat bangunan hancur dan sebanyak 2.500 orang diungsikan. Operasi pertolongan dilakukan dengan melibatkan banyak orang. Militer, polisi dan polisi militer Italia ditambah beberapa satuan anjing pelacak ditambahkan untuk membantu petugas perlindungan sipil dan pemadam, yang melakukan upaya pencarian.


KEYWORD :

Gempa Italia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :