Senin, 22/04/2024 08:02 WIB

Personel Kapal Perang AS Positif Virus Corona

Seorang personel militer Angkatan Laut di kapal perang Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru

Pasukan militer Amerika Serikat (foto: bussinesinsider)

New York, Jurnas.com - Seorang personel militer Angkatan Laut di kapal perang Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru (Covid-19), pada Senin (16/3).

Angkatan Laut AS mengatakan bahwa personel itu telah dikarantina di rumah, dan bagi mereka yang melakukan kontak fisik dengan personel tersebut, agar segera menyusul untuk karantina.

"Tidak ada dari mereka yang berada di atas kapal saat ini. Kapal-kapal Angkatan Laut AS melakukan prosedur kebersihan rutin setiap hari yang diarahkan untuk kesehatan, kesejahteraan, dan pencegahan penyebaran penyakit menular," demikian pernyataan Angkatan Laut AS.

Dikutip dari Al-Arabiya, personel tersebut sebelumnya ditugaskan di USS Boxer. Beruntungnya, menurut keterngan pejabat AS, kapal itu sedang berada di pelabuhan, situasi yang secara substansial lebih kecil risikonya dari pada di laut.

Kasus ini menjadi contoh tentang bagaimana personel militer rentan terinfeksi virus corona, karena melakukan operasi yang mengharuskan berdekatan satu sama lain.

Karenanya, Angkatan Laut AS mengatakan USS Boxer kini sedang melakukan pembersihan menyeluruh, sesuai dengan panduan khusus dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS dan Pusat Kesehatan Masyarakat Korps Marinir.

Ia juga mengatakan militer sedang melakukan pelacakan kontak untuk menentukan apakah ada orang lain yang telah melakukan kontak dekat dengan personel itu.

"Tergantung pada hasil penyelidikan itu, mitigasi tambahan dapat diambil," ujar Angkatan Laut AS.

KEYWORD :

Virus Corona Militer AS Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :