Jum'at, 19/04/2024 01:16 WIB

Adi Sasono, Mantan Menkop UKM, Meninggal Dunia

Adi Sasono, mantan Menteri Koperasi dan UKM pada masa  pemerintahan Presiden BJ Habibie, meninggal dunia. Tokoh ekonomi kerakyatan itu meninggal di RS Mayapada.

Adi Sasono, tokoh ekonomi kerakyatan./foto:metrobali.com

Jakarta - Adi Sasono, mantan Menteri Koperasi dan UKM pada masa  pemerintahan Presiden BJ Habibie, meninggal dunia. Tokoh koperasi dan ekonomi kerakyatan meninggal di RS Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. 

Adi Sasono, sosok yang sangat peduli pada pengembangan ekonomi kerakyatan itu meninggal pada Sabtu (13/8) pukul 17.15 sore. Jenazah akan dibawa ke rumah duka di Jl. Swakarya Bawah/1A Komp.DDN 1 Pondok Labu.

Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie, yang dimintai konfirmasi membenarkan kabar tersebut.  Dalam keterangan tertulisnya, Jimly menyatakan bahwa bangsa ini merasa kehilangan seorang tokoh panutan di bidang kepemimpinan dan gerakan ekonomi kerakyatanan yang gigih dan konsisten. 

Adi Sasono selain dikenal sebagai tokoh LSM yang juga pernah aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), saat ini masih merupakan anggota Dewan Kehormatan ICMI menjadi pengurus ICMI.

"Kita doakan yang terbaik untuk Almarhum semoga husnul khotimah dan segala amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT di tempat yang terbaik," ungkap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang pertama itu.

Belum diketahui secara pasti tokoh ekonomi kerakyatan tersebut akan dikebumikan. Adi Sasono diketahui telah menderita sakit kanker dan telah dirawat untuk menjalani kemoterapi.

Almarhum merupakan kelahiran Pekalongan, 16 Januarai 1949. Ia dikenal sebagai tokoh LSM dan berbagai aktivitas kemasyarakatan lainnya. Selain itu ia juga merupakan tokoh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Pers Mahasiswa Indonesia (IPMI), Pelajar Islam Indonesia (PII) dan ICMI dengan pernah menjadi Sekretaris Umum pada tahun 1990-an.[]

KEYWORD :

adi sasono menteri koperasi bj habibie icmi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :