Kamis, 25/04/2024 08:06 WIB

Syahrul Yasin Limpo Berantas Ganja di Aceh dengan Tanam Jagung

GDAD didesain untuk mengurangi kultivasi ganja dan menurunkan angka prevalensi penyalahgunaan narkoba.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo panen dan tanam perdana jagung di desa Batee Raya, Kecematan Juli, Kabupaten Bireuen, Jumat (21/2).

Bireuen, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melakukan panen dan tanam perdana program Grand Design Alternative Development (GDAD) 2020 jagung hibrida seluas 11.017 hektare di Desa Bate Raya, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara Kementerian Pertanian (Kementan) dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam rangka mewujudkan Aceh yang bersih narkoba, sejahtera, mandiri dan berkelanjutan.

Syahrul mengatakan akan mendukung BNN untuk memberantas tanaman ganja dengan jagung. "BNN harus maju. BNN di depannya, kami yang akan di belalangannya," kata Syahrul kepada Jurnas.com, Jumat (21/2).

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu menegaskan bahwa Kementan akan mendukung program BNN melalui bantuan bibit jagung hibrida dan tanaman lainnya.

Sementara itu, Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN, Dunan Ismail Isja, menjelaskan bahwa, GDAD didesain untuk mengurangi kultivasi ganja dan menurunkan angka prevalensi penyalahgunaan narkoba.

Dunan mengungkapkan, sekitar 52.329 pecandu narkoba berdasarkan data dari Pengadilan Negeri Aceh. Hal ini tentu mengganggu dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Oleh karena itu, bentuk penanggulangn narkoba yang saat ini bekerja sama dengan Kementan memberikan solusi dalam peningkatan kesejahteraan petani dan meningkatkan ketahanan pangan," katanya.

Berdasarkan survei yang dilakukan BNN bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Provinsi Aceh saat ini menempati peringkat ke-6, provinsi paling rawan narkoba.

BNN bersama instansi pemerintah dalam hal ini Kementan, memformulasikan program yang humanis dalam rangka memerangi narkoba, salah satunya adalah GDAD ini.

GDAD ini merupakan implementasi Inpres Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2018-2019.

KEYWORD :

Tanam Jagung Tanam Ganja Syahrul Yasin Limpo Provinsi Aceh Dunan Ismail Isja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :