Rabu, 19/01/2022 18:33 WIB

Bank Dunia Siap Hutangi Negara Terdampak Virus Corona

Bank Dunia sedang mengkaji sumber daya keuangannya untuk memberikan bantuan bagi negara-negara terdampak virus tersebut.

The World Bank (Bank Dunia)

Washington, Jurnas.com - Bank Dunia mengatakan sedang memantau dampak ekonomi dan sosial di China, yang muncul pasca mewabahnya virus corona dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei.

Dalam keterangannya, lembaga keuangan tersebut menyatakan siap membantu Beijing jika mengalami kesulitan ekonomi.

"Kami akan mendukung upaya China untuk merespons, termasuk upaya untuk mempertahankan ketahanan ekonomi," demikian keterangan Bank Dunia pada Selasa (4/2) dikutip dari Channel News Asia.

Sebelumnya, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim pada akhir Januari mengatakan bahwa jika epidemi virus corona mencapai tingkat keparahannya yang sama dengan flu spanyol pada 1918, maka berpeluang merugikan pertumbuhan ekonomi global antara 1-10 persen.

Karena itu, Bank Dunia menyerukan kepada seluruh negara untuk meningkatkan program memerangi wabah virus corona. Lembaga itu juga sedang mengkaji sumber daya keuangannya untuk memberikan bantuan bagi negara-negara terdampak virus tersebut.

"Kami menyerukan semua negara untuk memperkuat sistem pengawasan dan respons kesehatan mereka, yang penting untuk menahan penyebaran ini dan setiap wabah di masa depan," ujar Bank Dunia.

Sejak pecah di China, virus corona telah menewaskan 425 orang, melebihi kasus Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) yang pernah menewaskan 349 orang pada era 2002-2003.

Virus baru ini juga telah menginfeksi lebih dari 20.000 orang, dan menyebar ke lebih dari 20 negara.

TAGS : Virus Corona China Bank Dunia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :