Selasa, 21/09/2021 17:23 WIB

Fraksi PKB Desak Penyelesaian Masalah Jiwasraya Dalam Setahun

Kami minta sesegera mungkin dimulai. Agar selambat-lambatnya Februari 2021 sudah tuntas.

Nasim Khan

Jakarta - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) meminta penyelesaikan kasus tunggakan penagihan klaim asuransi Jiwasraya diselesaikan dalam waktu satu tahun.

"Mestinya satu tahun selesai ini. Maka kami minta sesegera mungkin dimulai. Agar selambat-lambatnya Februari 2021 sudah tuntas," ujar Anggota Komisi VI DPR RI Nasim Khan di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Nasim Khan mengakui, pemerintah sudah melakukan langkah serius dalam menjelaskan permasalahan Jiwasraya. Karena itu, ia pun berharap jangan ada penundaan jika memang sudah ada solusi.

Pemerintah, ujar Nasim Khan, masih menyiapkan skema penyelamatan untuk pemegang polis selambat-lambatnya pada Maret 2020. "Kalau bisa sih Februari ini, jangan Maret," tukas Nasim.

Kementerian BUMN sedang melakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan, OJK, dan kementerian lembaga terkait lainnya, untuk menentukan solusi terbaik dalam penyelamatan pemegang polis.

"Kita khusnuddzan (berprasangka baik). Bahwa pemerintah berkomitmen mencari solusi terbaik untuk penyelamatan pemegang polis Jiwasraya. Untuk itu, sebaiknya start mulai februari itu dicicil," jelasnya.

Politikus PKB dari Jawa Timur ini berharap Pemerintah bisa meningkatkan koordinasi dengan DPR, khususnya Panja Permasalahan Asuransi Jiwasraya di Komisi VI DPR RI.

Terkait rencana pemerintah membentuk Holding Asuransi dan Penjaminan, Nasim mengaku selama itu bisa memberi solusi, maka sah-sah saja.

"Holding asuransi tentunya harus dapat membenahi tata kelola perusahaan asuransi. Termasuk dalam hal pengelolaan investasi, perhitungan aktuarial produk, dan fungsi-fungsi compliance dan risk management," ungkapnya.

TAGS : Jiwasraya Fraksi PKB Nasim Khan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :