Jum'at, 19/04/2024 11:55 WIB

Telkom Dorong Perusahaan untuk Transformasi Digital

Transformasi digital perusahaan penting untuk mengakomodir perilaku konsumen yang cenderung ingin cepat, sederhana, aman dan termanajemen dengan baik

PT Telkom Indonesia

Jakarta, Jurnas.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendorong perusahaan di Indonesia untuk transformasi digital sejalan dengan industri 4.0.

"Telkom tidak hanya mendigitalisasi perusahaannya sendiri, tapi juga membantu mendigitalisasi perusahaan-perusahaan di Indonesia," kata Direktur Digital Bisnis PT Telkom Faizal Rochmad Djoemadi di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Faizal mengatakan, tranformasi digital akan mengotomitasi internal perusahaan sehingga lebih efisien dan efektif. Dampaknya, akan meningkatkan daya saing usaha agar bisa bisa berkiprah tidak hanya di level nasional atau regional, namun global.

"Untuk bertranformasi, jangan hanya berpikir untuk 280 penduduk Indonesia, namun berpikir jauh untuk 7 miliar penduduk dunia," kata Faizal.

Menurut dia, transformasi digital perusahaan penting untuk mengakomodir perilaku konsumen yang cenderung ingin cepat, sederhana, aman dan termanajemen dengan baik. Hal ini sejalan dengan penetrasi internet masyarakat Indonesia yang tergolong tinggi.

Upaya transformasi tersebut, antara lain dengan digitalisasi bisnis pelanggan dari front-end hingga back-end sehingga tercipta digital experience yang menyeluruh yang selanjutnya dapat dikelola big datanya menjadi analisis yang berguna bagi pemangku kepentingan untuk mengembangkan bisnis.

"Perusahaan perlu mengenali konsumen dengan baik, dan dapat menemukan hambatan," kata dia.

KEYWORD :

BUMN Telkom Indonesia transformasi digital




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :