Jum'at, 19/04/2024 22:35 WIB

Tanpa Penjelasan, AS Deportasi Mahasiswa Iran

Setelah diresmikan pada 2016, Presiden AS Donald Trump secara kontroversial mendorong melalui larangan menangguhkan penerbitan visa imigran dan non-imigran bagi pelamar dari negara-negara mayoritas Muslim di Iran, Libya, Somalia, Suriah, dan Yaman.

Siswa Iran, Mohammad Shahab Dehghani Hossein (Foto: The Independent)

Washington, Jurnas.com  - Agen-agen Pabean dan Perlindungan Perbatasan Amerika Serikat (AS) dilaporkan menangkap mahasiswa Iran yang memegang visa yang valid sekembalinya ke AS di bandara Massachusetts.

Dinukil dari The Independent, mahasiswa yang bersanam Mohammad Shahab Dehghani Hossein ditangkap di Bandara Logan pada Senin (20/1) dan akan dideportasi tanpa penjelasan atau akses langsung ke penasihat hukum.

Puluhan pengunjuk rasa berkumpul di bandara setelah insiden penangkapan sewang-wenagn tersebut. Sementara itu, American Civil Liberties Union of Massachusetts berjanji akan memberikan pembelaan.

Setelah diresmikan pada 2016, Presiden AS Donald Trump secara kontroversial mendorong melalui larangan menangguhkan penerbitan visa imigran dan non-imigran bagi pelamar dari negara-negara mayoritas Muslim di Iran, Libya, Somalia, Suriah, dan Yaman.

Pembatasan, yang lebih dikenal sebagai "larangan Muslim," kemudian diperluas mencakup Venezuela dan Korea Utara, dan, seperti yang disarankan Trump selama kampanye pemilihannya, akhirnya merembes ke lebih banyak negara.

Jumlah visa pelajar yang dikeluarkan untuk pelamar dari negara-negara yang terkena dampak  menurun secara dramatis sejak diperkenalkannya larangan tersebut.

Mereka yang akan diberikan visa setelah menyelesaikan ujian ketat oleh pejabat imigrasi AS diizinkan untuk melakukan perjalanan ke AS hanya sekali dan tinggal sampai akhir masa studi mereka. Pemegang visa juga dilarang menerima kunjungan dari anggota keluarga mereka.

Dehghani, seorang mahasiswa ekonomi, menghadiri University of Massachusetts Boston sebelum pindah ke Northeastern, di mana ia mengajukan permohonan visa, kata salah seorang pengacaranya, Gereja Susan.

Butuh hampir satu tahun baginya untuk menerima visa, tambahnya. Secara keseluruhan, 24 tahun menghabiskan dua tahun di AS sebelum kembali ke Iran untuk mengunjungi keluarganya.

"Mengingat kebijakan xenophobia administrasi Trump dan praktik buruk Bandara Logan dalam mengirim siswa kembali ke Iran, kami sangat prihatin bahwa Shahab ditahan," kata direktur eksekutif ACLU Massachusetts Carol Rose.

"Dia melewati masa pemrosesan yang luas sebelum dia kembali, yang berarti bahwa penyelidik luar negeri meneliti keluarganya, mereka berbicara dengan majikan, mereka melakukan penyelidikan yang sangat menyeluruh," kata Ms Church, kepada The Boston Globe.

Kasus ini bahkan memicu reaksi dari calon presiden Elizabeth Warren. "Deportasinya harus dihentikan, dan kita harus berjuang melawan kebijakan xenofobia pemerintahan Trump," tulisnya.

KEYWORD :

Amerika Serikat Mahasiswa Iran Mahasiswa Muslim Mahasiswa Dideportasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :