Sabtu, 27/04/2024 11:53 WIB

Aplikasi AVS4R Informasi Penting Penerbangan Dalam Genggaman

PPPI dan IACTA mengenalkan aplikasi keselamatan penting untuk masyarakat yang bisa dilihat melalui genggaman.

Saat acara peluncuran aplikasi Aviation Safety 4 Reality (AVS4R) di Bandara Soekarno Hatta. (Foto : Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Transportasi udara menjadi transportasi pilihan masyarakat dalammenempuh perjalanan jauh. Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia (PPPI) sebagai wadah organisasi profesi pilot Indonesia dari berbagai macam maskapai penerbangan, tak abai dalam mewujudkan keselamatan dan kenyamanan penerbangan serta meningkatkan kualitas para pilot Indonesia.

Wujud nyata dari upaya tersebut dituangkan dalam bentuk aplikasi keselamatan penerbangan yang diberi nama Aviation Safety 4 Reality (AVS4R). Aplikasi ini penting dimiliki masyarakat agar mengetahui segala informasi terkait penerbangan.

"Kenapa bentuknya aplikasi, karena nyaris semua orang kini pegang gadget. Dan dengan aplikasi, maka tujuan kita mengedukasi masyarakat mengena," ujar Ketua PPPI, Capt Rizky Budimansyah di sela-sela acara `Aviation Safety Campaign 4.0` yang bertema `Aviation Safety Starts With Me` di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (20/1).

“Ada 41 item yang menyebabkan keterlambatan pesawat. Aplikasi ini nantinya akan membantu masyarakat dan pengguna jasa penerbangan memahami hal-hal seperti itu," ujar Rizky.

PPPI dan Indonesian Air Traffic Controller Association (IACTA) selaku pihak yang terlibat dalam jasa penerbangan ini pun ingin mengedukasi masyarakat jika keselamatan penerbangan dimulai dari diri sendiri.

"Pengguna jasa penerbangan masih banyak yang belum tahu soal standar keamanan. Seperti tirai jendela harus dibuka, pasang sabuk pengaman, menegakkan sandaran kursi saat akan landing dan take off dan standar keamanan lainnya,” beber Humas IACTA, Ahmad Izazi.

Dalam kampanye ini, PPPI dan IACTA bersinergi dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggandeng PT Tiga Ruang Imajinasi (Triguw) selaku EO dan digital partner akan juga roadshow ke sejumlah bandara lainnya di Indonesia seperti Bandara Juanda Surabaya, Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara Kuala Namu Medan.

KEYWORD :

Aplikasi AVS4R Keselamatan Penerbangan PPPI IACTA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :