Senin, 29/04/2024 01:17 WIB

Mendikbud Serahkan Naskah Soal SKD CPNS

Penyerahan naskah soal SKD CPNS 2019 diterima oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan CPNS 2019, yang diwakili oleh Menteri PAN-RB, Tjahyo Kumolo

Serah terima soal CPNS dari Mendikbud Nadiem Anwar Makarim kepada Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo (Foto: Tasori/BKLM Kemdikbud)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyerahkan naskah soal seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS), untuk tahap seleksi kompetensi dasar (SKD).

Penyusunan soal SKD tersebut melibatkan unsur dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Kemdikbud juga melibatkan para koordinator penyusunan soal CPNS 2018, yang merupakan dosen-dosen berkompeten dari perguruan tinggi, serta didampingi oleh ahli konstruksi soal dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemdikbud.

Penyerahan naskah soal SKD CPNS 2019 diterima oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan CPNS 2019, yang diwakili oleh Menteri PAN-RB, Tjahyo Kumolo. Selain itu, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, juga menyaksikan acara serah terima soal SKD CPNS 2019 yang berlangsung di Kantor Kemdikbud Jakarta, pada Senin (13/1) tersebut.

Dalam sambutannya, Mendikbud mengatakan, sebagai salah satu instrumen penting dalam menjaring calon-calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkelas dunia, penyusunan soal SKD tahun 2019 dilaksanakan melalui beberapa tahapan dan dengan melibatkan berbagai pihak.

Penyusunan kisi-kisi soal SKD tahun 2019 diawali dengan proses evaluasi soal dan kisi-kisi SKD 2018. Dalam prosesnya, penyusunan soal SKD 2019 juga menggunakan aplikasi yang difasilitasi oleh BKN.

"Selanjutnya untuk memastikan bahwa soal yang telah disusun sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, telah dilakukan telaah bahasa oleh para ahli bahasa dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan," terang Mendikbud.

Mendikbud juga menyatakan komitmen untuk membantu proses pengadaan CPNS secara akuntabel dan transparan. Hal tersebut dilakukan agar dari hasil seleksi dapat diperoleh calon-calon ASN yang berintegritas, nasionalis, profesional, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, memiliki jiwa keramahtamahan (hospitality), memiliki kemampuan membangun jejaring (networking), dan memiliki jiwa wirausaha (entrepreneurship).

Sementara Menteri PAN-RB, Tjahyo Kumolo mengatakan, berdasarkan data BKN, ada 4.197.218 calon peserta seleksi CPNS yang telah melakukan pendaftaran. Dari jumlah tersebut, sekitar 3-juta orang dinyatakan telah lolos verifikasi administrasi dan akan diseleksi untuk memperebutkan 154.029 formasi.

Formasi tersebut berada di instansi pusat dengan jumlah 37.584 formasi, dan sebanyak 116.445 formasi berada di instansi daerah.

Ia menuturkan, dengan diserahkannya soal SKD CPNS 2019 ke Panselnas, selanjutnya Tim Panselnas akan memasukkan soal tersebut ke dalam sistem seleksi CPNS.

"Harus dilakukan dalam proses kehati-hatian dan jaminan kerahasiaan serta keamanan data, itu jadi komitmen kita bersama. Kita berharap semua pihak dapat terus mengawal kelancaran dan keamanan dari seluruh tahapan (seleksi) yang ada," tutur Tjahjo.

KEYWORD :

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim Soal CPNS PNS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :