Senin, 27/09/2021 17:07 WIB

Megawati Ingatkan Kader untuk Pegang Tiga Sadar Politik

Menang bagi PDIP adalah mampu memperjuangkan lahirnya kebijakan politik pembangunan di segala bidang kehidupan

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politik sekaligus sambutan membuka Rakernas I dan HUT ke-47 PDIP di JIExpo, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Dalam pidatonya, putri proklamator kemerdekaan Bung Karno itu mengatakan bahwa kader Partai Politik harus berani melakukan otokritik. Terlebih bagi PDIP yang menganut ideologi Pancasila.

Kata Megawati, berideologi Pancasila artinya memiliki konsekuensi logis yang harus dijalankan. Ia pun menyebut tiga kesadaran yang harus dimiliki para kader parpol meliputi tiga pilar partai, yakni legislatif, eksekutif, termasuk para pejabat kepala daerah, serta jajaran struktur partai.

"Kader partai dan anak-anakku di mana pun mereka berada, khususnya tiga pilar partai kader yang ditugaskan di legislatif dan eksekutif, harus punya tiga sadar," tegas Megawati.

Pertama, kata Megawati, adalah sadar bahwa NKRI adalah negara hukum dibangun di atas aturan hukum. Seluruh keputusan politik yang menyangkut kehidupan berbangsa dan bernegara harus konkret berpijak pada UU dan perundang-undangan yang bersumber pada Pancasila.

Kedua, lanjut Megawati, Sadar bahwa karena PDIP adalah parpol, maka seluruh gerak langkah harus gerak langkah politik yang menghasilkan politik hukum berwatak pancasila.

"Politisi banteng jangan sibuk berwacana dan membangun citra politik. Tanpa keputusan politik konkret yang berpihak pada kehidupan rakyat dan beriorientasi pada kepentingan nasional," ucap Megawati.

"Saya sangat berterima kasih kepada kader-kader PDIP yang pada tugasnya mereka memberikan baktinya kepada daerah masing-masing," ungkapnya.

Adapun ketiaga, Mega menyebut perlunya Sadar bahwa menang secara politik bukan sekadar menang elekotral pada pemilu.

"Menang bagi PDIP adalah mampu memperjuangkan lahirnya kebijakan politik pembangunan di segala bidang kehidupan. Pembangunan di bidang ekonomo, politik, sosial, budaya, bahkan mental dan spiritual," tegas Megawati.

TAGS : PDI Perjuangan Sadar Rakernas




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :