Jum'at, 19/04/2024 12:04 WIB

Theresa May Jadi PM Baru Inggris

Mundurnya Cameron membuka lebar pemilihan baru pemimpin Partai Konservatif, partai yang berkuasa di Inggris saat ini.

Inggris- Posisi David Cameron sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris akan digantikan Theresa May yang sebelumnya sebagai Menteri Dalam Negeri pada Rabu (13/7). Cameron yang mundur pada akhir bulan lalu itu, setelah jajak pendapat bahwa Inggris ingin keluar dari keanggotaannya sebagai organisasi Uni Eropa alias (Brexit).

Dalam kampanye referendum, Cameron memimpin kubu yang berpandangan Inggris lebih baik menjadi anggota Uni Eropa. Mundurnya Cameron membuka lebar pemilihan baru pemimpin Partai Konservatif, partai yang berkuasa di Inggris saat ini. Ketua partai yang berkuasa secara otomomatis akan menjadi perdana menteri.

Hingga hari Senin (11/07) waktu setempat perebutan posisi ketua partai masih diramaikan dengan May dan Andrea Leadsom, namun pada siang hari Leadsom menyatakan menarik diri dan mendukung May sebagai ketua partai sekaligus perdana menteri Inggris yang baru.

Leadsom, politikus pendukung Brexit mengatakan Inggris memerlukan pemerintahan yang kuat dan stabil dan May merupakan calon ideal untuk memimpin perundingan Inggris keluar dari Uni Eropa.

Sebelum terjun di bursa calon ketua partai dan kandidat PM, May menjabat sebagai menteri dalam negeri sejak 2010. Politikus perempuan berusia 59 tahun ini mendukung tetap masuknya Inggris di Uni Eropa. Jika pengangakatan May dikukuhkan, ia menjadi perdana menteri perempuan kedua di Inggris setelah Margaret Thatcher. (bbc)

KEYWORD :

Theresa May Inggris Brexit




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :