Sabtu, 18/09/2021 10:54 WIB

Inggris Minta Iran Jangan Bikin Serangan "Sembrono" Lagi

Inggris mengutuk serangan rudal Iran terhadap pangkalan militer koalisi perumahan Irak

Kawasan pemerintahan Inggris

Jakarta, Jurnas.com - Inggris mengutuk serangan rudal Iran terhadap pangkalan militer koalisi perumahan Irak, dan menyuarakan keprihatinan atas laporan korban dari serangan itu.

"Kami mengutuk serangan terhadap pangkalan militer Irak ini yang menjadi tuan rumah Koalisi termasuk pasukan Inggris," kata Menteri Luar Negeri Dominic Raab dilansir Malaymail.

"Kami prihatin dengan laporan korban dan penggunaan rudal balistik," tambahnya.

Selain itu, Raab mendesak Iran untuk menunjukkan pengekangan ke depan dan tak mengulagi tindakan yang malah akan menguntungkan pihak-pihak tertentu.

"Kami mendesak Iran untuk tidak mengulangi serangan sembrono dan berbahaya ini, dan sebagai gantinya untuk mengejar eskalasi yang mendesak," ujarnya.

"Perang di Timur Tengah hanya akan menguntungkan Daesh dan kelompok teroris lainnya," tambah Raab, merujuk pada kelompok Negara Islam.

Iran menembakkan rudal semalam di pangkalan-pangkalan Irak yang menampung militer AS dan Inggris, kata para pejabat di Washington dan Teheran.

Itu adalah tindakan pertama republik yang dijanjikan akan membalas dendam atas pembunuhan AS atas jenderal Iran Qasem Soleimani pekan lalu.

Diluncurkan dari wilayah Iran dan oleh pasukan Iran bukan proxy, serangan itu menandai perubahan baru dalam konfrontasi yang semakin intensif antara Amerika Serikat dan Iran.

Pentagon mengatakan pihaknya masih "bekerja pada penilaian kerusakan pertempuran awal" setelah lebih dari selusin rudal balistik diluncurkan, tanpa ada laporan langsung tentang korban.

Militer Irak mengatakan tidak ada korban dalam 22 serangan rudal di pangkalan-pangkalan yang menampung pasukan AS.

TAGS : Pemerintah Inggris Serangan Iran Jenderal Soleimani




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :