Kamis, 23/09/2021 12:50 WIB

Jemaah Haji Jabar Tahun Ini Terbang dari Bandara Kertajati

Kementerian Agama (Kemenag) menunjuk Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang berlokasi di Kertajati, Majalengka sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji tahun ini, bagi jemaah yang berasal dari Jawa Barat.

Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Agama (Kemenag) menunjuk Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang berlokasi di Kertajati, Majalengka sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji tahun ini, bagi jemaah yang berasal dari Jawa Barat.

Demikian juga saat pulang dari Saudi, bila sebelumnya mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, kini para jemaah akan mendarat di BIJB Kertajati. Kuota haji Jabar sebanyak 38.852 jemaah, dan terbagi dalam 97 kelompok terbang (kloter).

"Seluruh jamaah haji asal Provinsi Jawa Barat akan diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Bekasi, setelah seluruh rangkaian proses Customs, Immigration and Quarantine (CIQ) serta layanan satu atap lainnya selesai dilaksanakan di asrama Haji Embarkasi Bekasi," tutur Menag di BIJB Kertajati, pada Selasa (7/1).

"Selanjutnya, seluruh jamaah haji akan diberangkatkan dengan bus dari Asrama Haji Bekasi menuju BIJB Kertajati," sambung dia.

Menag menegaskan pemerintah terus berupaya meningkatkan layanan bagi jemaah haji Indonesia. Kehadiran Embarkasi/Debarkasi Haji BIJB Kertajati ini diharapkan akan menambah kenyamanan bagi jemaah haji Jawa Barat.

"Kami ingin tahun ini ada pilot project percepatan proses imigrasi saat kepulangan jemaah. Jika memungkinkan akan dilakukan di Jeddah atau saat di pesawat sehingga ketika tiba di Tanah Air, jemaah bisa langsung pulang," ujar Menag.

"Kami berharap itu bisa dilakukan juga di Kertajati untuk pilot project-nya," sambungnya.

Sementara Direktur Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar menambahkan, tahun ini pihaknya akan membangun asrama haji di Indramayu. Dia berharap, Pemda bisa ikut membantu dengan membangun masjid di sana.

"Terima kasih kepada Pemda. Pemda berjanji bangun masjid di asrama haji Indramayu," ucap Nizar.

Kepada pengelola BIJB Kertajati, Nizar mengingatkan bahwa akhir Januari 2020, GACA (General Authority of Civil Aviation), Arab Saudi, akan melakukan survei.

Nizar berharap baik Pemprov, Dirjen Perhubungan Udara, Otoritas PT. Angkasa Pura II, maupun Kepala BIJB Kertajati dapat memberikan penjelasan dengan baik terkait kesiapan BIJB Kertajati sebagai Bandara Penerbangan Haji Tahun 2020.

TAGS : Jemaah Haji Kementerian Agama Bandara Kertajati