Jum'at, 26/04/2024 12:54 WIB

Alasan Kurang Dirawat AS Berhenti Kirim Anjing Pelacak ke Yordania

Kantor independen Inspektur Jenderal (OIG) Departemen Luar Negeri sendiri mulai memeriksa kesejahteraan hewan-hewan itu setelah laporan tentang perlakuan buruk terhadap anjing muncul pada pertengahan 2017.

ilustrasi anjing pelacak

Washington, Jurnas.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) sementara menghentikan mengirim anjing pelacak ke Yordania dan Mesir setelah beberapa hewan mati karena kurang perawatan.

"Setiap kematian anjing di lapangan adalah peristiwa yang sangat menyedihkan dan kami akan mengambil setiap langkah yang mungkin untuk mencegah hal ini terjadi ke depannya," kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS kepada wartawan, Senin.

"Anjing-anjing memainkan peran penting dalam upaya CT (kontra-terorisme) kami di luar negeri dan dalam menyelamatkan kehidupan Amerika," sambungnya.

Kantor independen Inspektur Jenderal (OIG) Departemen Luar Negeri sendiri mulai memeriksa kesejahteraan hewan-hewan itu setelah laporan tentang perlakuan buruk terhadap anjing muncul pada pertengahan 2017.

Dalam laporan pada September, para inspektur menemukan banyak kasus kelalaian dalam perawatan terhadap 135 anjing, termasuk Belgian Malinois, German Shepherds, Labradors, dan anjing-anjing lain yang terlatih dalam mendeteksi bahan peledak.

Hewan-hewan yang dilatih AS ini diberikan kepada kurang dari puluhan negara sebagai bagian dari program kerja sama kontraterorisme.

Kekhawatiran utama adalah dengan Jordan, penerima manfaat pertama dari program ini, di mana satu anjing mati karena perawatan yang tidak memadai dan yang lainnya harus dimatikan setelah kembali ke AS.

Para penyelidik OIG merekomendasikan agar pemerintah AS berhenti memasok Jordan dengan anjing pelacak, tetapi Biro Keamanan Diplomatik Departemen Luar Negeri, yang mengirim anjing pelacak ke luar negeri, menolak untuk patuh.

Dalam Desember OIG menemukan bahwa pada bulan Juni dan September dua anjing lainnya mati di Yordania karena penyebab tidak wajar, satu karena stroke panas dan yang lainnya diracuni oleh pestisida yang disemprot oleh polisi Yordania di atau dekat kandang anjing.

Selain itu, tiga dari 10 anjing yang dipasok ke Mesir pada 2019 juga meninggal sebelum waktunya, satu  kanker paru-paru, yang kedua karena penyakit kandung empedu, dan yang ketiga akibat serangan panas, kematian yang sangat mengerikan karena kelalaian dan perawatan yang tidak tepat, menurut seorang dokter hewan dikutip dalam dokumen.

Para penyelidik memperbarui rekomendasi mereka sebelumnya untuk berhenti mengirim anjing ke Yordania, dan sekarang menambahkan Mesir ke daftar hitam.

Kali ini Departemen Luar Negeri mematuhinya. "Kami setuju dengan rekomendasi OIG untuk berhenti sementara menyediakan taring tambahan untuk Yordania dan Mesir sampai negara-negara tersebut menerapkan persyaratan kami untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan anjing," kata pejabat Departemen Luar Negeri.

Laporan Desember juga mendesak para pejabat AS untuk mencari cara untuk memantau anjing pelacak dengan lebih baik. Di Mesir, misalnya, para pejabat AS telah ditolak aksesnya ke kandang atau bandara tempat hewan-hewan itu dikerahkan.

KEYWORD :

Anjing Pelacak Anjing Mati Amerika Serikat Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :