Sabtu, 20/04/2024 10:20 WIB

Reaksi AS Terhadap Demonstran Hong Kong Buat China Murka

China mengutuk Amerika Serikat karena menandatangani RUU menjadi undang-undang dalam mendukung para demonstran pro-demokrasi Hong Kong

Demonstran terlihat selama protes untuk menuntut pihak berwenang membatalkan RUU ekstradisi yang diusulkan, di Hong Kong, Cina, pada tanggal 28 April 2019. (Foto oleh Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - China mengutuk Amerika Serikat karena menandatangani RUU menjadi undang-undang dalam mendukung para demonstran pro-demokrasi Hong Kong dan berjanji untuk membalas tindakan hegemonik, Kamis (28/11) waktu setempat.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menandatangani Undang-Undang Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong menjadi undang-undang yang mengharuskan Departemen Luar Negeri untuk setiap tahun menilai apakah tingkat otonomi Hong Kong dari China menjamin status perdagangan khusus dan memberi sanksi terhadap mereka yang melakukan pelanggaran hak terhadap warga negara Hong Kong.

RUU ini diperkenalkan setelah pecahnya protes massa pro-demokrasi pada bulan Juni oleh warga Hong Kong terhadap pemerintah Cina yang terus berlanjut hingga bulan keenam mereka.

China mengkritik undang-undang tersebut sebagai upaya Amerika Serikat untuk mencampuri urusan dalam negerinya, sebuah argumen yang telah diulang sejak legislatif pertama kali diperkenalkan, dan menuduh Amerika Serikat mendistorsi fakta dan mendukung "penjahat kejam."

"Sifat dan niat jahatnya terungkap sepenuhnya. Tujuannya adalah untuk merusak stabilitas dan kemakmuran Hong Kong, menyabotase praktik `satu negara, dua sistem,` dan mengganggu upaya bangsa China untuk mewujudkan pembaruan besar,” bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri China dilansir UPI.

Hong Kong telah berfungsi di bawah apa yang disebut satu negara, dua model sistem sejak dikembalikan ke China dari kekuasaan Inggris pada tahun 1997, yang memberikan kebebasan kepada Hong Kong.

China mengatakan RUU itu mengungkap niat "jahat dan hegemonik" Amerika Serikat tetapi upayanya untuk campur tangan "pasti gagal," bersumpah untuk mengambil tindakan balasan jika Amerika Serikat tidak memperbaiki situasi.

"Amerika Serikat harus menanggung semua konsekuensi," katanya.

Kementerian itu juga memanggil Duta Besar AS untuk China Terry Branstad untuk mengeluarkan "protes serius" dan menuntut agar RUU itu ditarik kembali.

Kantor Urusan Hong Kong dan Makau juga mengeluarkan pernyataan sendiri, menuduh Amerika Serikat sebagai "tangan hitam" terbesar di balik protes.

"RUU ini, yang telah dikutuk oleh seluruh rakyat Tiongkok, termasuk rekan senegaranya Hong Kong, penuh dengan prasangka dan kesombongan," kata pernyataan itu.

"Ini memperlakukan Hong Kong dengan intimidasi dan ancaman, dan secara terang-terangan memberikan perlindungan kepada elemen-elemen Hong Kong yang anti-China dengan niat jahat."

Pemimpin protes terkemuka Joshua Wong menyebut RUU yang disahkan Kamis sebagai "prestasi luar biasa."

"RUU tersebut menandakan perubahan mendasar dari kebijakan China AS dan tahap baru hubungan AS-HK," katanya melalui Twitter, menambahkan bahwa ia bersama dengan pengunjuk rasa lainnya "akan melanjutkan upaya kami di negara lain untuk mendorong upaya legislatif serupa dan mekanisme sanksi."

KEYWORD :

Hong Kong Amerika Serikat Pemerintah China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :