Selasa, 26/10/2021 06:18 WIB

Membuat Alat Pembersih Udara dari Lidah Mertua

Menurut Nissa, dengan menanam Lidah Mertua dengan media tanam hidrogel, akar tanaman tersebut rupanya mampu menurunkan kadar karbondioksida (CO2) di sekitarnya.

Nissa Zanjabila (kanan) membuat alat pembersih udara dari tanaman Lidah Mertua (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Bagi kalian yang menyukai kegiatan bercocok tanam, tidak ada salahnya menanam Lidah Mertua di beberapa sudut rumah. Pasalnya, tanaman berdaun keras dan panjang ini memiliki manfaat sebagai pembersih udara lho.

Nissa Zanjabila, siswi SPK Pribadi Billingual School Bandung, Jawa Barat menjelaskan alat peraga pembersih udaranya yang terbuat dari tanaman Lidah Mertua beberapa waktu lalu.

Menurut Nissa, dengan menanam Lidah Mertua dengan media tanam hidrogel, akar tanaman tersebut rupanya mampu menurunkan kadar karbondioksida (CO2) di sekitarnya.

"Kita mengganti media tanam dari tanah ke hidrogel, karena kan Lidah Mertua ini kerja maksimalnya di akar, bukan daun. Selain itu, udara bisa masuk lebih banyak jika menggunakan hidrogel dari pada tanah," kata Nissa saat ditemui di sela-sela kegiatan `Pribadi Festival 2019: Bersatu Menjadi Pribadi yang Berprestasi`.

Untuk mengetahui apakah udara di sekitar tanaman Lidah Mertua sudah bersih, Nissa menempelkan sensor pada alat peraganya. Dan terbukti, menurut pengamatan Jurnas.com, kandungan CO2 tercatat di angka 181.

"Kadar CO2 yang bagus itu di bawah 250. Kalau di atas 250, nanti sensornya pasti akan bunyi. Jadi, hemat energi juga," terang perempuan kelahiran Bandung, 19 November 2003 tersebut.

Nissa memiliki alasan tersendiri menciptakan alat pembersih udara dari Lidah Mertua ini. Dia menyebut kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi setiap tahun di Indonesia, menyebabkan masyarakat menghirup udara tidak sehat.

Selain itu, Nissa mengutip penelitian NASA yang mengungkapkan bahwa Lidah Mertua bagus untuk membersihkan udara, juga memberikan efek psikologis dalam mengurangi fobia ketinggian.

"Sejauh ini memang masih baru efektif diletakkan di kamar atau ruangan kecil. Tapi untuk membuatnya tidak perlu lama, sehari jadi kalau memang mau ada sensornya," tandas siswi kelas X yang hobi jalan-jalan ini.

TAGS : Lidah Mertua Ide Kreatif Pembersih udara




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :