Sabtu, 16/10/2021 03:59 WIB

Moeldoko Siap Jembatani UT dan Pemerintah

Moeldoko menyatakan siap menjembatani UT baik dengan alumninya maupun pemerintah.

Dari kanan ke kiri: Linda Agum Gumelar, Jenderal (Purn) Dr. H. Moeldoko, Prof. Ojat Darojat

Jakarta, Jurnas.com - Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko resmi menggantikan Linda Agum Gumelar sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA-UT), periode 2019-2024.

Dalam prosesi penyerahan yang berlangsung di Kampus UT Pusat, Pondok Cabe, Jakarta pada Senin (25/11), bersamaan dengan Seminar Wisuda Angkatan 2019/2020 Periode I Wilayah 3, Moeldoko menyatakan siap menjembatani UT baik dengan alumninya maupun pemerintah.

"Misalnya terkait kesulitan mahasiswa UT yang ada di Papua dan daerah terpencil untuk mengakses internet karena jaringan belum optimal, akan saya sampaikan ke menteri terkait," ujar dia kepada awak media.

Kepala Staf Kepresidenan pemerintahan Joko Widodo-Ma`ruf Amin itu juga akan memberikan sejumlah masukan kepada pihak rektorat, agar kurikulum UT nantinya adaptif dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

"Rektor perguruan tinggi harus paham dengan lingkungan yang sedang berubah. Lingkungan yang accessible. Tentunya nanti ada pendekatan baru. Nanti pilihan itu bisa kita mix. Intinya bagaimana perguruan tinggi bisa responsif," jelas Moeldoko.

Sementara Rektor UT Prof. Ojat Darojat menyebut UT sebagai perguruan tinggi yang memiliki proses pembelajaran jarak jauh melalui internet, memang masih mengalami sejumlah kendala.

Di sejumlah daerah, kata Ojat, para mahasiswa mengeluh karena jaringan internet yang kurang memadai. Sementara seluruh proses administrasi hingga pembelajaran sudah sepenuhnya dilakukan secara daring (online).

"UT sudah mengelola fully online services. Bahan ajarnya dulu modul, sekarang digital. Pembelajaran sudah sinkron. Ujian, dulu paper-based test, sekarang ujian online. Mahasiswa kita bisa ujian di rumah lewat ponsel," terang dia.

Ojat juga berharap dengan keberadaan pengurus IKA-UT di bawah pimpinan Moeldoko, dengung perguruan tinggi itu dari sisi publikasi ikut meningkat.

"Ketika berhubungan dengan pemerintah, mudah-mudahan bisa menjembatani dengan Kominfo. Mudah-mudahan bisa memperluas pasar UT," harap dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketum IKA-UT 2014-2019 Linda Gumelar menitipkan sejumlah program kepada Moeldoki, di antaranya peningkatan kerja sama dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah.

Linda juga mengusulkan pengelolaan media sosial sebagai media sosialisasi dan program UT, serta meningkatkan peran IKA-UT dalam kegiatan beasiswa bagi mahasiswa membutuhkan dan berprestasi.

"Sehingga manfaatnya akan semakin dirasakan bagi alumni maupun untuk masyakarat luas, dan tentu berdampak pada semakin  berkibarnya UT," kata mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tersebut.

TAGS : Universitas Terbuka Moeldoko IKA-UT




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :